Konawe SelatanPolitik

Lanjutkan Tahapan Pilkada Serentak 2020, KPU Konsel Laksanakan Pelantikan PPS Tanggal 15 Juni 2020

PLAY

KONAWE SELATAN, DETIKSULTRA.COM – Tujuh daerah di Sulawesi Tenggara Sultra yang akan menggelar Pilkada serentak 2020, tak terkecuali Kabupaten Konsel, mulai 15 Juni 2020 akan melanjutkan tahapan Pilkada, yang sempat tertunda akibat Covid-19.

Salah satu tahapan yang ditunda pelaksaannya oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konsel akibat adanya wabah Covid-19 ini yakni pelantikan 1.053 Panita Pemungutan Suara (PPS).

Melanjutkan tahapan itu, Ketua KPU Konsel, Aliudin menyampaikan bahwa pelantikan 1.053 PPS akan digelar besok bersamaan dengan pelaksanaan tahapan lanjutan Pilkada serentak 2020.

“Iya besok kita akan lantik semua anggota PPS. Ini dilakukan untuk melanjutkan seluruh tahapan Pilkada yang sempat tertunda dan juga mengaktifkan kembali anggota PPK,” kata dia, Minggu (14/6/2020).

Dijelaskannya, pelantikan ini dilaksanakan secara serentak di 25 Kecamatan yang tersebar di Konsel dengan rincian 1.008 PPS dari 336 desa, dan 45 PPS lainnya berasal dari 15 kelurahan.

Dalam proses pelantikan nanti, kata dia, pihaknya akan memperhatikan dan mewajibkan seluruh anggota PPS mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

BACA JUGA:

“Dalam pelantikan PPS kita gunakan protokol kesehatan dengan melibatkan puskesmas setempat dalam memeriksa suhu tubuh dan cuci tangan sebelum masuk dan keluar ruangan,” jelasnya.

Selain memperhatikan setiap protokol kesehatan Covid-19, pihaknya juga bakal mengefisienkan waktu pelantikan. Mungkin akan ada sebagian kecamatan yang didelegasikan proses pelantikannya kepada ketua PPK setempat.

“Kita melakukan pelantikan disetiap kecamatan. Tapi tidak menutup kemungkinan juga ada kecamatan yang didelegasikan proses pelantikanya kepada ketua PPK, mengingat waktu kita hanya satu hari saja sementara yang akan kita kunjungi ada 25 kecamatan. Jadi kemungkinan itu bisa saja terjadi,” imbuhnya.

“Kita berharap semua anggota PPS harus hadir diacara pelantikan karena ini sangat penting,” pungkasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Qs

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button