Konawe Selatan

Jalan Poros Ambaipua-Motaha-Lambuya Diblokade, Puluhan Truk Logistik Tertahan

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Puluhan kendaraan bermuatan logistik, tertahan menyusul adanya blokade jalan oleh warga di jalan poros Ambaipua-Motaha di Desa Motaha, Kecamatan Angata, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Koordinator Lapangan (Korlap), Asgar Obhy menuturkan mobil muatan tonase itu tidak lagi dibolehkan melewati jalur Ambaipua-Motaha dan Motaha-Lambuya.

Sebab, menurut dia, mobil muatan tonase yang memperparah kerusakan jalan provinsi di Konsel termasuk Konawe, karena tidak sesuai kapasitas muatan dan beban jalan.

“Mereka minta untuk putar balik, karena arah mereka dari Andoolo menuju Kendari, tapi kami tahan. Pasalnya sudah mereka yang memperparah kerusakan jalan,” tegas dia, Selasa (7/9/2021).

Yang dibolehkan para massa aksi, lanjut Obhy katanya hanya roda dua, mobil angkot/penumpang, mobil ambulance dan kendaraan yang tidak melebihi kapasitas jalan.

“Untuk mobil muatan tonase besar, kami tidak izinkan melewati jalur Ambaipua-Motaha,” jelasnya.

Penutupan jalan akan berlangsung selama waktu yang tidak ditentukan. Massa aksi menegaskan, pemblokadean jalan dihentikan apabila aspirasi mereka diwujudkan.

Pertama pengalokasian anggaran pengaspalan yang dikerjakan tahun ini. Walaupun menyeberang tahun, mereka menginginkan supaya pihak pemerintah menurunkan alat berat Greder untuk mengelupas seluruh aspal yang sudah rusak.

Kedua, penimbunan jalan tidak boleh lagi  menggunakan material kelas C, tetapi sudah harus menggunakan material kelas B yang dipadatkan menggunakan vibro dan ditambah Prime Coat atau aspal cair, supaya material kelas B dapat bertahan lama.

“Kalau tidak demikian, masyarakat disini tidak akan membuka blokade jalan. Sudah cukup kam tersiksa dengan kondisi jalan berkubang,” tandasnya.

 

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

3 Comments

  1. Wajar diblokade karena rusak parah,dua hari yang lalu saya lewar di jalan tersebut sungguh jalanya sangat parah di tengah jalan ada jurang.mobil kecil pasti kandas kalau lewat.

  2. Wajar diblokade karena rusak parah,dua hari yang lalu saya lewat di jalan tersebut sungguh jalannya sangat parah di tengah jalan ada jurang.mobil kecil pasti kandas kalau lewat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button