Buton Utara

Camat Wakorut Gandeng Kemenag Sosialisasi Penanganan Jenazah

PLAY

BUTON UTARA, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kecamatan Wakorumba Utara, Kabupaten Buton Utara (Butur) bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama untuk melakukan sosialisasi penyelenggaraan jenazah di seluruh desa dan kelurahan se-Kecamatan Wakorumba Utara, Sabtu 4 Desember 2021.

Sosialisasi dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa Lasiwa yang dihadiri oleh seluruh tokoh agama, BPD, dan kades se-Kecamatan Wakorumba Utara.

Kegiatan dibuka oleh Camat Wakorumba Utara, Laode Salama S.Sos didampingi Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Wakorumba Utara Laode Sidin, S.Ag.

Dalam Sambutannya, Laode Salama menjelaskan, sosialisasi penyelenggaraan jenazah sangat penting karena di kecamatan ini masih terdapat perbedaan pemahaman tentang penanganan Jenazah dihampir semua desa dan kelurahan.

“Perbedaan menonjol dalam penanganan jenazah dikalangan masyarakat, khususnya Wakorumba Utara yakni waktu penggalian tanah dan pemakaman jenazah yang selalu terlambat,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala KUA Wakorumba Utara, Laode Sidin mengungkapkan bahwa keterlambatan waktu penggalian kuburan pasti berdampak pada keterlambatan pemakaman jenazah.

“Ini sering terjadi karena masyarakat kita khususnya tokoh agama di tiap desa masih mengamalkan budaya orang tua tua dulu bahwa penggalian tanah pemakaman itu selalu dilaksanakan setelah Shalat Dzuhur,” ungkapnya.

“Pemahaman inilah yang harus kita hilangkan karena tidak ada satu hadis pun yang mengatur waktu setelah Dzuhur untuk menggali Tanah, karena itu dalam sosialisasi ini kita perlu sepakati beberapa hal sepanjang tidak bertentangan dengan Syari’at Islam,” tambah Laode Sidin.

Laode Salama kemudian memandu sesi diskusi dan disepakati bersama bahwa untuk penggalian Tanah Pemakaman dimulai jam 9 pagi keatas timpal Camat Wakorumba Utara tersebut sambil menutup acara sosialisasi.

Reporter: M4
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button