Buton Utara

Buton Utara Kebagian 25 Ekor Sapi dari Program Tebar Hewan Kurban Dompet Duafa

PLAY

BUTON UTARA, DETIKSULTRA.COM – Kabupaten Buton Utara (Butur) kebagian 25 ekor sapi kurban pada Hari Raya Iduladha 1443 hijriah. Bantuan tersebut berasal dari program tebar hewan kurban dompet duafa.

Tebar hewan kurban dompet duafa untuk Butur tahun ini dipusatkan di Kecamatan Wakorumba Utara dan tersebar di beberapa desa. Pengurus Dompet Dhuafa Sultra, Agusmal, saat ditemui di lokasi penyembelihan hewan mengatakan, tahun ini merupakan tahun kedua pemberian bantuan untuk Butur.

“Tahun lalu, bantuan hewan kurban dipusatkan di Kecamatan Kulisusu,” ujar Agusmal.

Pengadaan hewan kurban dan mekanisme pembagian kepada penerima, hanya bermodal kepercayaan dari pemilik ternak.

“Misalnya harga sapi sembilan juta, saya bayar di muka satu juta dan sisanya saya bayarkan dua minggu setelah Iduladha, di sini kendalanya,” keluh Agusmal.

Terkait cara pembagian kepada penerima, Agusmal mengatakan bahwa hal itu dilakukan secara merata dengan standar maksimal 50 kepala keluarga (KK) penerima kurban.

Rekan Agusmal, Hasman Roy menuturkan, bahwa ia sangat tertarik dengan progran tersebut. Menurutnya, sasaran programnya sangat jelas yakni pemberdayaan peternak lokal, proses penyembelihan kurban dilakukan secara gotong royong, sehingga memudahkan menyebar hewan kurbannya.

Setiap penerima daging kurban diminta menyerahkan fotokopi kartu Keluarga (KK) dan KTP, sehingga para pemilik hewan kurban dapat mengakses data dan lokasi penerima dengan mudah. (bds)

 

Reporter: Laode Baharuddin
Editor: Wulan Subagiantoro

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button