Buton Tengah

Pj Bupati Buteng Lakukan Kunjungan Kerja di Kecamatan Sangia Wambulu

PLAY

BUTON TENGAH,DETIKSULTRA.COM – Pj Bupati Buton Tengah, Muhamad Yusup, melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Sangia Wambulu bersama rombongan. Ia mengatakan, Kecamatan Sangia Wambulu memiliki potensi wisata kelas dunia yang bisa dipromosikan dan dijual ke mancanegara.

“Diantaranya acara-acara budaya seperti yang sudah kita lakukan yaitu Kande-kandea,” kata Muhamad Yusup kepada masyarakat Kecamatan Sangia Wambulu, Kamis (3/11/2022).

Ia mengatakan, di samping penuh dengan kekayaan budaya, Kecamatan Sangia Wambulu memiliki wisata religi yakni makam Waliyullah Imam pertama kesultanan Buton yang merupakan asli keturunan Buton yang masyhur. Tokoh ini dikenal dengan sebutan Sangia Wambulu dan nama aslinya La Ode Ali atau La Silipi.

Ia juga menambahkan acara adat budaya Pekande-kandea tersebut telah diakui oleh pemerintah pusat dan merupakan hak kekayaan budaya untuk Kecamatan Sangia Wambulu.

“Ini merupakan hak paten siapa pun yang melakukan Kande-kandea itu adalah budaya dari sangia wambulu,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan semua kekayaan budaya ini harus menjadi magnet yang jika dikemas dengan baik akan menjadikan Kecamatan Sangia Wambulu maju dengan kearifan lokalnya.

Pihaknya berharap dengan bekerja sama akan mendongkrak kemajuan Buton Tengan dengan program meningkatkan pariwisata dengan berbasis UMKM. (bds)

 

Reporter: M9
Editor: Wulan Subagiantoro

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button