Buton Tengah

2 Tahun Terlewatkan, Warga Tolandona Buteng Gelar Rapat Persiapan Jelang Pesta Adat Pekande-kandea

PLAY

BUTONTENGAH, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kelurahan Tolandona bersama warganya menggelar rapat untuk persiapan pesta Pekande-kandea yang akan digelar pada 14 Mei 2022.

Untuk mengembalikan jati diri Tolandona yang terbungkus dalam bingkai kebersamaan, kekeluargaan dan kerukunan, warga Tolandona kembali menggelar pesta adat pekande-kandea yang sempat terhenti dua tahun terakhir.

Ketua satu panitia pelaksanaan pekande – kandea, Ikram Irak, mengatakan, salah satu persiapan yang telah dilakukan warga yaitu menghias jalan dengan lampu hias sebagai wujud memperindah kampung dalam menyambut tamu yang akan datang di pesta adat pekande-kandea nanti.

Kepanitian pelaksanaan pekande-kande sendiri telah disusun rapi. Masing-masing seksi telah bekerja sesuai tupoksinya.

“Pekande-kandea ini merupakan budaya yang dititipkan leluhur masyarakat Tolandona kepada generasi muda yang ditinggalkan yang harus kami lestarikan,” kata Ikram pada wartawan Detiksultra com, Rabu (4/5/2022 ).

Ia menuturkan, kegiatan pekande-kandea ini tidak terlepas dari pantauan pemerintah. Kondisi negara yang belum sepenuhnya pulih dari Covid-19 sehingga kegiatan ini berjalan tetap menaati prokes.

Bahkan panitia sendiri bersama warga Tolandona membuat video singkat yang menyatakan siap melaksanakan vaksin dosis 1, 2 dan booster.

Ia berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, aman, dan sehat. (bds*)

 

Reporter: M9
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button