Advertorial

Sah, BLK Kendari Dapat Hibah Tanah 4,58 Hektare dari Pemprov Sultra

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari telah sah mendapatkan tambahan lahan seluas 4,58 hektare dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk pembangunan gedung Balai Besar Pelatihan Vokasi Internasional.

Hal ini sesuai hasil rapat paripurna DPRD Sultra terkait agenda pengambilan keputusan atas usul persetujuan hibah tanah yang digelar di ruang sidang paripurna DPRD Sultra, Rabu (22/6/2021).

Sidang ini dipimpin langsung Ketua DPRD Sultra H Abdurrahman Saleh dan turut dihadiri Gubernur Sultra Ali Mazi beserta seluruh jajarannya, unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Tinggi Sultra, pejabat sipil TNI Polri, dan beberapa tamu undangan lainnya.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, menuturkan, penyerahan aset Pemprov Sultra berupa tanah dan bangunan seluas 4,58 hektare yang diminta BLK Kendari kini telah disepakati dan dalam waktu dekat akan dilakukan penyerahan secara resmi.

“Ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap BLK Kendari yang memiliki peran penting dalam menciptakan angkatan kerja kompeten sesuai kebutuhan pasar kerja dan turut memiliki peran besar dalam hal mengurangi angka pengangguran di Sultra,” ujarnya.

Orang nomor satu di Provinsi Sultra ini sangat berharap dari proses penyerahan hibah tanah, BLK Kendari dapat menjadi balai bertaraf internasional yang memiliki daya saing tinggi dalam menciptakan angkatan kerja, dan jika perlu menjadi BLK percontohan untuk seluruh Indonesia.

Ketua DPRD Sultra H Abdurrahman Saleh memaparkan, dari hasil pembahasan dan tinjauan lapangan yang dilakukan Komisi I, Komisi II dan Komisi IV sebagai tim yang ditunjuk terkait hal tersebut, telah disepakati jika aset pemerintah tanah dan bangunan UPTD Panti Sosial Anak dan Remaja Dinas Sosial Provinsi Sultra dihibahkan kepada BLK Kendari.

“Alhamdulillah, hari ini kami dari DPRD Sultra telah menyepakati permintaan hibah tanah tersebut untuk dipergunakan sebaik-baiknya, dan proses penyerahan aset ini telah sesuai dengan prosedur yang berlaku dalam bentuk hibah,” katanya.

Ia menjelaskan, UPTD Panti Sosial Anak dan Remaja Dinas Sosial Provinsi Sultra yang kini masih menampung sekitar 70 anak untuk dibina akan direlokasi ke Balai Latihan Transmigrasi Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Provinsi Sultra di Transito Kendari.

“Jadi, atas kondisi ini kami menaruh harapan besar terhadap BLK Kendari untuk meningkatkan kompetensi masyarakat Sultra sehingga mampu menciptakan angkatan kerja kompeten yang sesuai kebutuhan pasar kerja dan tentu mampu meminimalisir angka pengangguran,” jelasnya.

Sementara, Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu, berterima kasih atas dukungan Pemprov Sultra, khususnya Gubernur Sultra, Ali Mazi, dan Ketua DPRD Sultra H Abdurrahman Saleh serta seluruh anggota DPRD Sultra atas kerja samanya dalam proses penyerahan hibah tanah kepada BLK Kendari.

Luas lahan BLK Kendari kini bertambah dari sebelumnya hanya 2,1 hektare, menjadi 6,7 hektare.

“Insyaallah kepercayaan yang dititipkan kepada kami untuk mengelola lahan itu sehingga bisa lebih bermanfaat akan kami lakukan dengan baik,” tuturnya.

Mantan Kabag Rumah Tangga Kemnaker RI ini mengungkapkan, terkait rencana pembangunan pada lahan yang telah dihibahkan yang sudah memiliki beberapa rancangan, di antaranya membuka kejuruan dan membangun workshop otomotif alat berat dengan program mekanik alat berat dan operator alat berat.

Kemudian, workshop perhotelan, workshop las industri, workshop perkapalan, workshop perikanan, workshop pertanian, dan workshop pariwisata kelautan.

“Semua kejuruan baru ini memiliki tingkat kebutuhan tenaga kerja yang besar, jadi untuk memenuhi hal itu dengan ketersediaan lahan yang telah dihibahkan, kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi harapan Gubernur Sultra, DPRD Sultra serta masyarakat Sultra untuk menciptakan tenaga kerja yang kompeten dan siap pakai,” pungkasnya. (bds*)

ADV

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button