kesbangpol sultra   kesbangpol sultra
Metro Kendari

BKKBN Sultra Beri Pelatihan 191 Penyuluh KB Angkatan I

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar kegiatan pelatihan bagi para Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) baru dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kinerja (PPPK) sebanyak lima angkatan, bertempat di aula Pelatihan dan Pengembangan (Latbang) Perwakilan BKKBN Sultra.

Empat angkatan dilaksanakan secara klasikal atau tatap muka, sedangkan satu angkatan akan dilaksanakan secara daring (zoom).

Kegiatan Angkatan I dibuka langsung oleh kepala Perwakilan BKKBN Sultra, Asmar, Kamis (24/10/2024) didampingi Sekretaris dan Ketua Tim Kerja Latbang.

Menurut salah satu Pejabat Fungsional Ahli Muda pada jajaran Latbang, Husni, menyatakan target seluruh peserta yang akan dilatih sebanyak 191 Penyuluh KB, terdiri dari para ASN unsur PPPK pengangkatan tahun 2022 yang dilantik pada tahun 2023 yang lalu.

Katanya, ada tiga aspek yang menjadi titik tekan dalam pelatihan yang diikuti para PKB sebagai penggerak lini lapangan tersebut.

Pertama, aspek Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga lini lapangan yang diberikan untuk menggerakkan masyarakat dalam program bangga kencana.

Kedua, aspek Pembinaan Institusi Masyarakat Pedesaan/Perkotaan (IMP yang merupakan wadah partisipasi masyarakat dalam pengelolaan program di lini lapangan.

“Terakhir aspek mekanisme operasional berbagai sistem yang terdiri dari berbagai kegiatan yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan program bangga kencana di lini lapangan,” terangnya.

Dalam sambutannya Asmar berpesan kepada seluruh peserta agar bisa mengikuti pelatihan dan menyerap ilmu dengan sungguh-sungguh dari para fasilitator.

Menurutnya karena bekal dari pelatihan ini sangat penting untuk dapat melaksanakan tugas sehari-hari mereka.

“Para penyuluh KB memiliki peran strategis sebagai “ujung tombak” program bangga kencana, tentunya para Penyuluh KB baru ini menjadi harapan baru bagi BKKBN yang telah menjadi kementerian baru,” pungkasnya. (kjs)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button