kesbangpol sultra   kesbangpol sultra
Muna Barat

La Ode Sariba Siap Lanjutkan Aspirasi Masyarakat yang Belum Terealisasi di Periode Kedua

Dengarkan

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Setelah dilantik dan diambil sumpah janjinya menjadi anggota DPRD Muna Barat periode kedua, La Ode Sariba siap bekerja melanjutkan aspirasi masyarakat yang belum terealisasi di periode sebelumnya.

La Ode Sariba mengaku masih memiliki tanggung jawab yang dipikirkan tentang aspirasi masyarakat yang belum terealisasi. Alasannya karena ada beberapa faktor yaitu adanya perubahan kebijakan serta perubahan pimpinan. Apalagi di Muna Barat selama lima tahun terakhir masih masa transisi kepemimpinan sehingga program yang dijanjikan ke konstituen belum terealisasi.

“Tentunya aspirasi yang belum terpenuhi akan kami tuntaskan di periode kedua ini,” ungkapnya, saat ditemui di kediamannya, Kamis (16/10/2024).

Ia mengungkapkan menjadi petahana dan anggota DPRD pemula tentunya memiliki perbedaan. Sebab pemula masih akan melakukan bimtek dan belum ada pokok pikiran (pokir) kerena pokir disusun setahun sebelumnya sehingga pemula hanya melakukan pengawalan kebijakan.

Sementara petahanan, di samping melakukan pengawalan, tentunya tahu terkait keberlanjutan sehingga akan menuntaskan agenda-agenda yang belum terealisasi di periode lalu, dan tentunya di periode ini berharap bupati yang akan datang lebih responsif terhadap aspirasi masyarakat yang dititipkan melalui DPRD.

Ia mengatakan, sebagai pemegang fungsi anggaran, DPRD diberi kewenangan untuk menyusun pokir yang diramu lewat reses. Dan saat ini konsentrasinya pada infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Di samping penuntasan infrastuktur juga dilakukan pemberdayaan masyarakat sebagai penggerak ekonomi kemasyarakatan karena keduanya harus saling mendukung.

Untuk itu, setelah dilantik, pihaknya sudah siap kerja menuntaskan apa yang menjadi harapan masyarakat. Selanjutnya ia mengatakan fenomenanya di daerah manapun selalu ada masalah yakni diperhadapkan dengan sederet kepentingan masyarakat tetapi diperhadapkan dengan keterbatasan APBD.

“Jadi kita sebagai anggota DPRD harus lebih jeli untuk memilah antara skala prioritas yang lebih dibutuhkan masyarakat kemudian masyarakat juga harus bersabar,” harapnya

Selain itu, mantan aktivis Sultra ini juga berharap ke pimpinan Daerah ada pemerataan pembangunan di tiga wilayah besar sehingga daerah yang belum tersentuh pembangunan dapat dilihat oleh pemerintah serta disitulah peran anggota DPRD untuk menjadi pengawal aspirasi masyarakat. (cds)

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button