kesbangpol sultra   kesbangpol sultra
Metro Kendari

Kanwil Kemenkumham Sultra Lakukan Expose D’Park terintegrasi Sililaba

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Tim Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah, Silvester Sili Laba melakukan Expose inovasi aplikasi Digitalisasi Penelitian/reviu RKA-KL (D’Park) yang terintegrasi dengan aplikasi Sistem Laporan Informasi berbasis Aplikasi (Sililaba) bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Aplikasi D’park merupakan sebuah aplikasi karya inovasi Kepala Sub Bagian Perencanaan Kanwil Kemenkumham Sultra, Jumaedy. Pada Expose tersebut, Kakanwil Kemenkumham Sultra Silvester Sili Laba didampingi oleh Kepala Bagian Program dan Humas Ruslan, JFT Prakom, Zaldy Putra Pratama dan dihadiri Sekretaris Inspektorat Jenderal, Ika Yusanti, Inspektur Wilayah II, Lilik Sujandi dan Konseling Auditor Madya, M.H. Kesuma dan Auditor Madya, Nur Sofia.

Aplikasi D’Park sebelumnya telah digunakan di Kanwil Kemenkumham Sultra dan mulai digunakan oleh Inspektorat Wilayah II serta sampai saat ini digunakan oleh Inspektorat Wilayah lainnya yang pada akhirnya diarahkan untuk melakukan expose di Inspektorat Jenderal pada hari ini, Selasa (15/10/2024).

Kegiatan dibuka oleh Auditor Madya M.H. Kesuma selanjutnya mendapatkan arahan langsung oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal, Ika Susanti dan Inspektur Wilayah II Bapak lilik Sujandi secara daring melalui zoom meeting.

Sekjen Ika Susanti menekankan pada arahannya bahwa perlu dilakukan satu data sesuai dengan arahan Presiden, sedangkan Inspektur Wilayah II, Lilik Sujandi menekankan untuk melakukan reviu keahlian pada aplikasi D’park sebelum ditetapkan untuk diedarkan.

Kegiatan expose inovasi Aplikasi Penilaian/Reviu (D’Park) dihadiri oleh jajaran Inspektorat Jenderal yang terdiri dari Inspektorat Wilayah I hingga Inspektorat Wilayah VI, selain jajaran Inspektorat Jenderal, kegiatan ini juga dihadiri oleh jajaran Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal, dan Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin).

Sementara Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba menyampaikan dukungannya terhadap karya inovasi pegawai di jajarannya dengan harapan lahir inovasi-inovasi lainnya dari anak bangsa khususnya pegawai Kemenkumham dan dilanjutkan dengan pemaparan dari Penemu (inventor) aplikasi D’Park, Jumaedy yang disertai dengan praktek langsung aplikasi D’park secara hybrid baik langsung maupun secara daring via zoom.

Dalam berlangsungnya kegiatan terdapat beberapa pertanyaan dari jajaran Inspektorat Jenderal, Biro Perencanaan dan Pusdatin yang pada intinya dapat dijadikan sebagai masukan dalam pengembangan aplikasi D’Park kedepannya, antara lain terkait penginputan referensi, keamanan aplikasi dan penyebaran aplikasi versi terbaru. (kjs)

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button