Olahraga

Dua Atlet Paralimpiade Sultra Raih Medali di Peparnas XVII Solo 2024

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Sebanyak dua atlet paralimpiade asal Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) meraih medali di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII di Kota Solo, Minggu (13/10/2024).

Pada gelaran Peparnas XVII ini, kontingen Sultra berhasil meraih medali di dua cabang olahraga (Cabor) yaitu atletik dan catur cepat perorangan.

Medali perak pada cabor atletik nomor tolak peluru kelas T13 penglihatan jarak pandang 10 meter, yang diraih oleh Tety Umbola. Sedangkan Medali Perunggu pada Cabor Catur Cepat Perorangan yang diraih oleh Muhammad Usman.

Atas capaian tersebut Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, memberikan ucapan selamat dan apresiasi kepada kedua atlet peraih medali serta atlet kontingen Sultra yang telah berjuang.

“Alhamdulillah, terima kasih atas kerja keras, dedikasi, dan perjuangan seluruh Atlet, pelatih, dan official yang telah membawa nama baik Sultra di kancah nasional. Prestasi ini membuktikan kita memiliki potensi besar yang harus terus dikembangkan,” ujar Andap.

Lebih lanjut, pemprov terus berkomitmen untuk terus mendukung para atlet penyandang disabilitas dan memfasilitasi mereka agar dapat berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Andap berharap agar prestasi ini menjadi momentum untuk meningkatkan prestasi Atlet di masa mendatang.

Selain itu, Ia juga mengajak masyarakat Sultra untuk terus mendukung dan memberikan perhatian lebih kepada olahraga bagi penyandang disabilitas.

“Prestasi para atlet ini harus menjadi inspirasi bagi kita semua, khususnya bagi para pemuda, bahwa keterbatasan fisik bukanlah halangan untuk meraih prestasi,” terangnya.

Ia memberikan pesan motivasi kepada para atlet bahwa mereka semua hebat, karena telah melampaui keterbatasan dan menjadi juara.

“Karena semangat para atlet tidak hanya membanggakan Sultra, hal ini membuktikan bahwa dengan kerja keras dan tekad, tidak ada yang mustahil,” tutupnya.

Sebagai informasi, Peparnas merupakan suatu ajang kompetisi empat tahunan yang dikhususkan untuk penyandang disabilitas dengan hambatan fisik, hambatan visual, dan hambatan intelektual.

Peparnas ke – XVII kali ini diselenggarakan di Kota Solo pada tanggal 6 Oktober hingga 13 Oktober 2024

Selain itu dalam ajang ini National Paralympic Committee (NPC) Provinsi Sultra telah mengirimkan 55 orang, terdiri dari 23 atlet daksa, 4 atlet netra, 10 pelatih, dan 18 official, yang berpartisipasi dalam 9 dari 20 cabang olahraga yang dipertandingkan di Peparnas XVII.

Cabang-cabang olahraga yang diikuti Sultra antara lain para atletik, para tenis meja, para catur, para bulu tangkis, para renang, para panahan, para taekwondo, para tenpin bowling, dan para angkat berat. (bds)

 

Reporter: Muh Ridwan Kadir
Editor: Wulan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button