Metro Kendari

Cerita Warga Koltim Tak Punya Biaya Operasi untuk Adiknya, Temui Lukman Abunawas saat Jadi Wagub

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Banyak orang tidak tahu bagaimana seorang Lukman Abunawas, memperlakukan masyarakat biasa sama di mata semua orang. Ini bukan sekadar cerita belaka, melainkan ungkapan nurani warga Kolaka Timur (Koltim), bernama Mase.

Cerita perempuan berhijab ini datang saat Lukman Abunawas melaksanakan kampanye terbuka di Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Koltim, Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (4/10/2024).

Mase tidak dalam rangka menyampaikan aspirasinya, melainkan menceritakan pengalamannya ketika menagih janji Lukman Abunawas yang saat itu menjabat Wakil Gubernur (Wagub) Sultra periode 2018-2023.

Seingat dia, Lukman Abunawas pernah berkunjung ke rumahnya, dan mengatakan apabila ada yang dibutuhkan, tinggal ia temui entah di rumahnya atau di Kantor Gubernur Sultra.

“Kira-kira dua tahun lalu, bapak singgah di rumah saya, bapak bilang kalau ada keperluan langsung cari saya. Insyaallah pintu selalu terbuka untuk kita,” ucap dia di hadapan Lukman Abunawas dan ratusan masyarakat Kecamatan Tirawatu, Koltim.

Lebih lanjut, Mase mengatakan, berselang beberapa waktu, salah satu kerabatnya jatuh sakit. Sempat dirawat rumah, hingga akhirnya di rujuk ke salah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kota Kendari.

Setibanya di rumah sakit, pihak dokter langsung menyampaikan bahwa adiknya harus segera menjalani operasi. Namun dirinya mengaku, saat itu adiknya ini tidak memiliki kartu kesehatan atau BPJS kesehatan, maupun uang untuk biayai operasi adiknya.

Seketika dirinya mengingat sosok Lukman Abunawas, yang pernah mengunjungi rumahnya. Tak berpikir panjang, Mase yang hanya menggunakan baju daster langsung menuju ke kantor Gubernur Sultra untuk menemui Lukman Abunawas.

Untungnya, kala itu, Lukman Abunawas masih berada di ruang kantornya. Ia pun dipersilakan oleh Lukman Abunawas untuk masuk ke ruang kerjanya.

“Bu, pak saya tidak main-main, bukan kata-kata, ini bukti Pak Lukman betul-betul menepati janji,” tutur Mase, disambut riuh masyarakat.

Dirinya menjelaskan, ketika ditanya oleh Lukman Abunawas, ia mengungkapkan bahwa dirinya datang ke kantor tersebut untuk meminta bantuan dan solusi agar adiknya dapat dioperasi pihak rumah sakit.

“Bertanya Pak Lukman, apa perlu ibu datang ke sini, ‘saya perlu ade saya mau di operasi saya tidak punya uang, tidak punya kartu Pak, ade saya sudah mau dioperasi ini jam sudah harus dioperasi, kalau tidak, tidak bisa dioperasi’,” ucap dia lagi sambil matanya berkaca-kaca.

Seketika, sambung dia, Lukman Abunawas kemudian memerintahkan kepada ajudannya untuk mengurus semua keperluan rumah sakit adiknya.

“Waktu itu, ajudannya menyampaikan kepada pihak rumah sakit, tolong ibu ini dibantu secepatnya, alhamdulillah saya punya saudara selesai (dioperasi). Tapi apa boleh buat saya, bapak (Lukman) membantu saya dengan ikhlas, tapi Tuhan tidak menginginkan dia umur panjang,” tukasnya. (*)

Reporter: Sunarto
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button