Metro Kendari

Forum PK Golkar Kendari Sebut AJP Tak Punya Etika Komunikasi Politik, Bappilu: Pernyataan Menyesatkan

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) bereaksi usai Forum Pimpinan Kecamatan (PK) dan Pimpinan Kelurahan (PL) Golkar se-Kota Kendari, sebut Aksan Jaya Putra (AJP) tidak punya etika komunikasi politik di akar rumput.

“Terkait pernyataan Ketua Forum PK se- Kota Kendari menyebut kader internal kita (AJP) di Golkar yang tidak punya etika dan komunikasi politik di akar rumput, saya boleh katakan itu tidak benar, dan statement sangat menyesatkan,” ujar Ketua Bappilu DPD II Partai Golkar Kota Kendari, Sahabuddin, Kamis (15/8/2024).

Menurut dia apa yang mereka lontarkan tidak sesuai dengan kenyataan. Pasalnya, AJP dan Andi Sulolipu (ASLI) sudah mengagendakan untuk melakukan rapat konsolidasi pasca menerima rekomendasi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Bahkan, undangan rapat konsolidasi telah siap diedar ke seluruh pengurus DPD II Partai Golkar Kota Kendari, PK dan PL se-Kota Kendari, termasuk anggota DPRD Kota Kendari. Hanya ada masukan dan pertimbangan dari DPD II, untuk mencari waktu yang tepat, sehingga rencana rapat konsolidasi tersebut dibatalkan.

“Dan itu tersampaikan ke calon kandidat kita AJP-ASLI. Sebenarnya kandidat kita ini sudah beberapa kali untuk menemui langsung para pengurus, PK dan PL Golkar se-Kota Kendari. Tetapi lagi-lagi belum sempat terlaksana karena situasi dan kondisi,” katanya.

Olehnya itu, dia berharap dikemudian hari tidak ada lagi gerakan-gerakan yang bisa melemahkan Partai Golkar menjelang Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Kendari. Ia menyerukan semua kader tetap solid dan bergandengan tangan mendukung apapun yang diputuskan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar.

Sebab, baginya tidak ada yang lebih penting, daripada kepentingan partai ke depan. Hari ini yang diperjuangkan semata-mata bagaimana Partai Golkar tetap konsisten memberikan ruang bagi kadernya yang telah banyak memberikan kontribusi kepada partai.

“Kalau soal etika dan komunikasi yang tidak baik, itu bukan alasan yang tepat untuk tidak mengusul kader. Mari kita dudukkan bersama, agar tidak ada lagi sekat-sekat, dan penting bagaimana untuk memenangkan kader, kandidat Partai Golkar di Pilwali Kota Kendari,” jelasnya.

Terpisah, PK Partai Golkar Puuwatu, Faisal Watlon saat dihubungi awak media ini, mengaku tidak tahu menahu persoalan penolakan, karena AJP dinilai tidak punya etika komunikasi politik dengan pengurus arus bawah.

“Saya baru tahu ketika liat di media online beritanya, dan saya tidak diundang ketika mereka melakukan pertemuan, entah apa masalahnya, saya tidak paham. Jadi kalau mereka katakan 11 PK Golkar se-Kota Kendari itu salah. Sedangkan yang hadir hanya sembilan PK saja,” ungkap dia.

Mestinya, lanjut dia, apabila ada hal-hal yang ingin dibicarakan, semuanya harus dilibatkan, dan membahas apa yang jadi duduk permasalahannya. Kalau soal etika berkomunikasi yang bersangkutan dinilai tidak wajar, semestinya tak perlu ujuk-ujuk untuk mengambil kesimpulan.

Justru kata dia, harusnya kader di daerah lebih paham seperti apa kondisi saat ini yang dialami seorang AJP yang tengah berjuang mengamankan pintu Partai Golkar. Artinya apa, kesempatan untuk berkomunikasi dengan pengurus, mungkin agar terhambat, dikarenakan AJP sedang menuntaskan tiket menuju Pilwali Kota Kendari.

Kemudian, anehnya, mengapa baru saat ini ada riak-riak penolakan, kenapa tidak ditolak pada saat pengusulan nama-nama Calon Wali Kota Kendari di DPD II Partai Golkar.

“Mereka ini kan ikut bertanda tangan untuk pengusulan, mengapa baru mereka menolak, kan aneh jadinya. Terus waktu pertemuan PK se-Kota Kendari bersama dengan DPD II Partai Golkar, mereka juga mengatakan akan mendukung penuh putusan DPP Partai Golkar,” bebernya.

Sehingga ia mengatakan, tidak ada alasan DPP untuk tidak mengusung AJP di Pilwali Kota Kendari. Menurutnya AJP sosok figur dan kader Partai Golkar yang begitu loyal dan punya kontribusi besar untuk partai.

“Sangat layak diusung, dia (AJP) anggota DPRD dari Golkar, dua kali terpilih, punya basis, dan kontribusi untuk partai tidak perlu dipertanyakan lagi,” ucap Faisal.

Sementara itu, PL Punggolaka, Abbas tidak sepakat dengan statement yang dikeluarkan Forum PK Partai Golkar se-Kota Kendari. Ia menilai, apa yang mereka lakukan, semata-mata hanya membawa kepentingan pribadi, bukan untuk partai.
Abbas juga membantah bagian dari 65 PL Partai Golkar se-Kota Kendari yang menolak AJP diberikan rekomendasi.

“Mereka ini punya kepentingan sendiri dengan calon lain, bukan mementingkan partai. Kalau tidak begitu, kenapa harus mereka dukung calon lain, dan bukan kader yang didukung,” tegas dia.

Dia menduga, ada aktor intelektual dibalik seruan penolakan, dan sengaja untuk menjegal AJP agar tidak mendapat rekomendasi dari Partai Golkar. Namun betapa naifnya, pengurus sesama kader hanya karena persoalan etika komunikasi politik, yang juga belum dipastikan seperti apa duduk masalahnya, kemudian mau dibenturkan.

“Kita sudah tahu, ada yang mau merecoki dan mengacaukan, karena AJP surveinya tertinggi, dan ada hal lain juga. Makanya dengan cara begini mereka coba masuk, tapi kami juga masyarakat tidak sebodoh itu,” imbuhnya. (*)

Reporter: Sunarto
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button