Metro Kendari

Dinas Perkebunan Sediakan Ribuan Bibit Sawit Hingga Bawang Gratis untuk Petani di Sultra

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dinas Perkebunan dan Hortikultura Sulawesi Tenggara (Sultra) menyediakan ribuan bibit sawit hingga bawang secara gratis untuk para petani di wilayah Sultra. Penyaluran bibit gratis tersebut sebagai bentuk kepedulian pemerintah di sektor tanaman perkebunan dan hortikultura untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di Sultra.

Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Perkebunan dan Hortikultura Sultra, Akbar Effendi mengatakan, pihaknya menyediakan ratusan ribu bibit yang akan diberikan kepada petani secara gratis sebelum memasuki musim kemarau di tahun 2024. Adapun jenis bibit tanaman perkebunan yang disediakan yakni kelapa sawit, pala, durian, kakao, jambu mete, cengkeh, lada, dan kopi.

“Sedangkan untuk bibit tanaman hortikultura ada cabai, bawang, dan tomat yang menjadi komoditas paling dominan di masyarakat Sultra,” katanya, Kamis (01/08/2024).

Lebih lanjut, ia menjelaskan Dinas Perkebunan dan Hortikultura telah menyalurkan bibit sawit sebanyak 60 ribu, bibit pala 30 ribu, dan durian 25 ribu. Akbar berharap, melalui bibit gratis yang dibagikan pemerintah ini, dirinya berharap dapat meningkatkan kualitas dan hasil produksi para petani di wilayah Sultra.

Adapun petani yang mendapatkan bibit gratis ini adalah mereka yang wajib memiliki lahan dan terdaftar di aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan Pertanian (Simluhtan).

“Para kelompok tani yang ada di kabupaten kota ini harus mengajukan proposal atau permintaan terlebih dahulu ke Dinas Perkebunan dan Hortikultura. Dan mereka terdaftar di sistem penyuluh dan memiliki lahan,” terangnya.

Dalam sistem penyuluh tersebut telah dilengkapi data para petani dan lahan yang mereka miliki, sehingga Pemprov dapat memantau perkembangan dan memberikan bantuan teknis yang dibutuhkan.

“Bahkan petani yang terdaftar akan mendapatkan pendampingan dari penyuluh pertanian secara berkala,” tutupnya. (bds)

 

Reporter: Muh Ridwan Kadir
Editor: Wulan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button