Muna Barat

Bawaslu Muna Barat Gelar Bimtek untuk Kuatkan Pengawasan Tahapan Pilkada

Dengarkan

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muna Barat kembali menguatkan kapasitas dalam pengawasan tahapan pilkada.

Hal tersebut ditandai dengan adanya bimbingan teknis (Bimtek) seluruh Panwascam Muna Barat dengan menghadirkan dua narasumber, yaitu Ferdinan Murni Hamundu dan Munsir Salam, yang berlangsung di RH Hotel, Kecamatan Tiworo Tengah, Sabtu (22/6/2024).

Kordiv HP2H Bawaslu Muna Barat La Ode Muhammad Karman mengatakan, penyinkronan daftar pemilih yang lama dan terbaru akan dilaksanakan mulai 24-25 Juli 2024, sehingga pihaknya melakukan bimtek terhadap panwascam.

Untuk itu, setelah dilakukanya bimtek ini, panwascam diharapkan dapat memberikan bimtek ke PKD sebagai bentuk penguatan kapasitas dalam mendampingi pemutakhiran data di PPS yang dikawal oleh pantarlih.

“Makanya kami harap agar seluruh penyelenggara terutama PKD dapat bekerja dengan profesional dan menghindari masalah lainnya salah satunya daftar pemilih ganda,” harap Karman, sapaan akrabnya

Selain itu, pihaknya meminta panwascam untuk terus berkoordinasi agar setiap tahapan tidak boleh terlewatkan dari pengawasan yang dilakukan oleh PKD serta telah melakukan supervisi dan terus mendampingi PKD.

“Bimtek ini juga sebagai bentuk evaluasi bagi panwascam yang telah diberikan materi oleh beberapa narasumber,” terang dia.

Sementara itu, Ketua Panwascam Tiworo Tengah Dedi Setiawan mengatakan tentunya setelah menerima materi dari beberapa narasumber terkait pemutakhiran data ini, pihaknya akan menyampaikan materi dengan baik sesuai dengan apa yang telah didapatkannya ke PKD sebab PKD merupakan ujung tombak.

Untuk arahan yang diberikan oleh pimpinan Bawaslu pihaknya akan semaksimal mungkin untuk terus bekerja secara profesional berdasarkan syarat dan ketentuan sehingga seluruh tahapan tersebut tetap terpantau dalam pengawasan.

“Kami bekerja semaksimal mungkin, sebab bimtek-bimtek yang diberikan ini juga akan diterapkan,” pungkasnya. (bds)

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button