kesehatan

KPU Konsel Simulasi Pilkada dengan Prokes Covid-19

S P E A K

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Penyelenggaraan pilkada serentak 9 Desember 2020 dipastikan berlangsung ditengah situasi pandemi Covid-19.

Untuk mencegah penularan Covid-19 dalam penyelenggaraan pilkada, KPU menggelar simulasi pemungutan suara di TPS- TPS.

KPU Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) turut menggelar simulasi. Kpu menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara pilkada di masa pandemi Covid-19. Simulasi pilkada berlangsung di Lapangan Sorumba, Kecamatan Ranometo, Konsel, Sabtu (21/11/2020).

Secara umum, ada beberapa hal yang berbeda antara pemungutan suara saat kondisi normal dan pandemi dalam simulasi, dimana TPS dimaksimalkan sesuai standar protokol kesehatan 3M, lengkap dengan fasilitas cegah Covid-19 dan alat pengukur suhu tubuh atau Thermo Gun.

Pada simulasi tersebut semua Panitia Pemungutan Suara di TPS, wajib terapkan protokol kesehatan, wajib mengenakan masker dan alat pelindung wajah, mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer, menjaga jarak plus pengecekan suhu tubuh.

Warga yang bertindak sebagai pemilih dan akan menyalurkan hak suaranya, juga wajib menaati standar prokes Covid-19 ini.

Pemilih yang akan masuk ke tps diatur jaraknya, saat masuk dalam bilik umum, pemilih akan mendapat sarung tangan plastik dan surat suara.

Proses pencoblosan berlangsung seperti biasa. Usai mencoblos pemilih tidak akan mencelupkan jarinya ke tinta melainkan akan ditetesi tinta pada ujung jari.

Ketua KPU Konawe Selatan, Aliudin, memastikan penyelenggaraan pemungutan suara dalam TPS menjalankan protokol kesehatan yang ketat, agar pemilih dan PPS benar-benar aman dari penularan covid-19.

“Kami benar-benar terapkan prokes yang ketat pada simulasi pilkada ini, dan kita jalankan sesuai aturan,” katanya.

melalui simulasi pilkada ini, Aliudin meminta kepada masyarakat untuk tidak was-was datang ke TPS untuk menyuarakan hak suaranya.

Pada simulasi, KPU ingin menunjukan bahwa petugas KPPS benar-benar ketat dan disiplin menjaga protokol kesehatan mulai sosial distancing, wadah cuci tangan, hingga proses pemungutan suara.

“Simulasi pilkada dengan prokes Covid-19 sudah ini yang akan diterapkan saat pencoblosan 9 Desember, jadi kami harapkan masyarakat jangan khawatir karena kami sudah perketat protoko kesehatan untuk tangkal penularan Covid-19,” ujarnya.

Hadir dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara KPU konsel, Komisioner KPU Sultra, Bawaslu, Paswascam, PPK, dan PPS yang akan bertugas di pilkada 9 Desember nanti.

Reporter: Dahlan
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button