Konawe Selatan

Rilis Survey Wakil Bupati di Konsel, PPI: Rasyid Unggul dari Pesaingnnya

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Parameter Publik Indonesia kembali merilis data survei terbarunya pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Kali ini, bocoran surveinya terkait peran calon wakil bupati dalam meningkatkan elektoral pertarungan di pesta demokrasi tahun ini.

Seperti diketahui, Pilkada Konsel diikuti tiga pasang kandidat yang saat ini sedang bertarung. Pasangan Rusmin Abd Gani-Senawan Silondae, Pasangan Surunuddin Dangga-Rasyid, serta pasangan Muh. Endang-Wahyu Ade Pratama.

Menururt Direktur Eksekutif PPI, Ras Md, peran wakil dalam ajang pertarungan pilkada sangatlah strategis. Pasalnya, wakil adalah penyempurna figur utama. Bahkan dalam penentuan wakil, ada sejumlah variabel yang mesti diperhatikan oleh figur utama.

Variabel pertama, penerimaan dan keterpilihan calon wakil. Kedua, variabel latar belakang profesi. Seperti perkawinan birokrasi legislatif ataukah perkawinan pengusaha politisi. Ketiga, variabel usia tua dan muda. 

“Nah ini sejumlah variabel dari sekian variabel yang mesti diperhatikan oleh sang figur utama dalam menentukan pasangannya,” katanya.

Dari tiga nama calon wakil bupati yang saat ini sedang berjuang, Ras menyampaikan, bahwa Rasyid menempati posisi teratas dengan tingkat pengenalan mencapai 70,20 persen. Diurutan kedua, ditempati oleh Wahyu Ade Pratama 57, 30 persen. Terakhir Senawan Silondae 56, 90 persen. 

“Secara pengenalan disurvei terbaru kami, Rasyid unggul dari dua figur wakil lainnya. Sedangkan soal kesukaan. Lagi-lagi Rasyid menempati posisi pertama dengan tingkat kesukaan mencapai 67.80 persen. Wahyu Ade pratama 64,90 persen dan Senawan Silondae 63,80 persen,” beber mantan Manager Strategi LSI Denny JA itu.

“Jika kita rangking soal kontribusi elektoral calon wakil terhadap figur utamanya, yang paling besar daya pikat elektoralnya adalah Rasyid, karena secara pengenalan ia tertinggi. Begitupun juga dari aspek kesukaan. kedua Wahyu Ade pratama, dan terakhir adalah senawan silondae,” tambahnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button