Metro Kendari

Brigadir Taruna Helena Terpilih Menjadi Representasi Akpol Indonesia di Ajang UNCAC

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Brigadir Taruna Helena Fiorentina Sinurat, terpilih menjadi representasi Akademi Kepolisian Indonesia (Akpol) di kancah internasional.

Hal itu dibuatnya, setelah mengikuti ajang lomba esai United Nations Convention Against Corruption (UNCAC) atau Konfensi PBB Menentang Korupsi, yang digelar di Atlanta, Amerika Serikat (AS).

Kompetisi esai yang khusus membahas tentang masalah korupsi dan bagaimana cara memitigasinya, selain Indonesia juga diikuti beberapa negara Asia Tenggara lainnya, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Dalam kompetisi tersebut, Brigadir Taruna Helena mengambil tema tentang masalah-masalah korupsi yang krusial terjadi di Indonesia, dan membahas dampak bagi masyarakat Indonesia, serta bagaimana solusi atau tindakan yang dilakukan oleh Taruna Akpol untuk mencegah adanya korupsi di Indonesia.

“Motivasi saya dalam mengikuti lomba ini adalah saya ingin meningkatkan kemampuan saya dalam berbahasa Inggris,” ucap dia, dalam keterangan pers yang diterima awak media ini, Kamis (7/12/23).

Selain itu, kata Brigadir Taruna Helena, dirinya juga menjadi salah satu pembicara di acara pemuda membawa perubahan (Youth Changemaker Event) yang akan diadakan di Atlanta.

Baginya ini adalah sebuah prestasi dan kebanggaan bagi dia serta institusi kepolisian Indonesia. Sehingga, dia berharap momen ini dapat mendukung Akpol Indonesia menjadi akpol kelas dunia.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho menambahkan, Helena telah membawa harum nama Korps Bhayangkara dan Indonesia. Prestasi ini diharapkan dapat dicontoh oleh Taruna Akpol dan anggota Polri lainnya.

“Sebagaimana arahan Bapak Kapolri bahwa seluruh jajaran harus semakin meningkatkan kualitas dan berinovasi untuk mengembangkan bakat serta potensi, bahkan mengharumkan nama institusi dan bangsa Indonesia,” ungkap dia.

Menurut Kadiv Humas, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit pun telah berpesan bahwa institusi akan memberikan penghargaan yang setimpal bagi Taruna dan anggota yang berprestasi. Dengan demikian, semua akan termotivasi untuk berlomba-lomba mencetak prestasi.

Sebagaimana diketahui, Jenderal Sigit selalu memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada Taruna Akpol dan seluruh personel Polri yang telah meraih prestasi.

“Tentunya Polri dan saya selaku Kapolri mewakili institusi memberikan apresiasi dan penghormatan setinggi-tingginya kepada Taruna dan anggota yang telah berprestasi luar biasa,” ujar Jenderal Sigit.

Ia juga menyampaikan, Jenderal Sigit menekankan, torehan prestasi ini dapat menjadi contoh bagi seluruh personel kepolisian untuk memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugasnya, baik dalam kedinasan maupun bidang-bidang lainnya di luar kedinasan.

“Tentunya kita terus mendorong agar rekan-rekan, khususnya yang ikut di dalam bidang Akademis dan olahraga atau bidang lainnya untuk terus berlatih. Dan kita institusi akan memberikan ruang untuk itu. Sehingga mereka bisa betul-betul fokus dan termotivasi,” pungkasnya. (bds)

 

Reporter: Sunarto
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button