Kesehatan

Kentang Pilihan Pangan Terbaik Pendamping ASI

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Selain air susu ibu (ASI), ternyata bayi juga membutuhkan makanan sebagai pendamping ASI, khususnya setelah masa ASI ekslusifnya selesai, yaitu saat berusia 6 bulan keatas.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ibu Sri Sulastri (26), salah seorang Ibu rumah tangga Kelurahan Bende Kecamatan Kadia Kota Kendari kepada detiksultra.com, Sabtu (10/8/2019).

Menurutnya, selain membantu melengkapi kecukupan gizinya, makanan pendamping ASI (MPASI) juga berguna melatih pencernaan bayi sesuai tahap pertumbuhannya.

“Ada beragam pilihan bahan makanan yang bisa gunakan untuk MPASI, diantaranya adalah sayur labu, bayam, wortel, termasuk kentang yang kaya manfaat dan mudah didapat,” katanya.

[artikel number=3 tag=”kentang,asi”]

Ia melanjutkan, salah satu cara untuk menyajikan kentang pada bayi adalah dengan dikukus dan direbus. Namun, jangan merebus kentang terlalu lama karena dikhawatirkan akan mengikis vitamin dan mineral esensial yang terbawa bersama air rebusan.

“Selain dikukus, kita juga bisa merebus kentang sebelum menghaluskannya menjadi puree. Hanya saja, kalau pengelaman saya lebih baik kentang itu dikukus,” lanjutnya.

Untuk diketahui, pangan dari jenis umbi-umbian ini selain mengandung vitamin dan mineral yang tinggi, kentang juga kaya akan vitamin C, vitamin B6, Kalium, Mangan, Magnesium, Fosfor, Niasin, dan Folat.

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor : Sumarlin

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button