Metro Kendari

Tanggap Kecelakaan Laut, Lanal Kendari Gelar Simulasi Penyelamatan Korban

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Tim Reaksi Cepat Medis (RCM) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari menggelar simulasi latihan pencarian dan pertolongan (SAR) kepada Anak Buah Kapal (ABK) KM. Permata di perairan Wawonii, (03/05/2019).

Tindakan pertolongan dan evakuasi terhadap korban kecelakaan laut secara cepat, tepat dan efisien ini merupakan kegiatan Latihan Search and Rescue dari Tim (RCM) evakuasi laut dalam rangka kesiap siagaan jika terjadi kecelakaan pelayaran laut, terutama dimomen Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 M.

“Simulasi ini dalam rangka mengahadapi bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri. Mengingat potensi kecelakaan sangat besar. Sehingga untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan, kami gelar simulasi,” ungkap Pasop Lanal Kendari Kapten Laut (P) Darus Nursalam.

[artikel number=3 tag="petani,kpu"]

Dia juga menjelaskan, kegiatan SAR hakekatnya merupakan kegiatan kemanusiaan yang dilakukan secara suka rela dan tanpa pamrih serta merupakan kewajiban moral bagi setiap warga negara yang terlatih untuk melakukan pertolongan terhadap korban musibah secara cepat, tepat dan efisien dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, baik sarana dan prasarana maupun manusianya.

“Kesungguhan dalam melaksanakan latihan dengan memperhatikan keselamatan adalah hal utama, apabila ada terjadi accident dan segera melaporkan untuk menjadi perhatian penyelenggara latihan,” jelasnya.

Simulasi diawali laporan telepon dari Komandan Posmat Wawonii kepada Perwira Jaga (PAGA) Mako Lanal Kendari bahwa telah terjadi kecelakaan laut yang menimbulkan kebakaran pada KM. Permata di perairan Wawonii.

Mendengar berita tersebut  Perwira Jaga (PAGA) Lanal Kendari segera merespon  dengan melaporkan kejadian tersebut kepada Danlanal Kendari, Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna selaku Dansatgas Tim RCM Lanal Kendari.

Kemudian memerintakan Pasops selaku perwira pelaksana untuk segera menggerakan RCM dari unsur Kal Labengki, Sea Rider, satu Mobil Ambulance dan satu mobil truk serta personil Lanal Kendari yang tergabung dalam Tim RCM segera menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan SAR dan memberikan pertolongan serta mengevakuasi korban dari ABK KM. Permata yang mengalami kebakaran.

Reporter: Sunarto
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button