berita sulawesi tenggara

Ribuan Calon Mahasiswa Bersaing Masuk USN Kolaka

118 x Tayang Publisher: On:
Ribuan Calon Mahasiswa Bersaing Masuk USN Kolaka
Calon mahasiswa USN Kolaka saat jalani tes SBMPTN. Foto: Yus/detiksultra.

KOLAKA, DETIKSULTRA.COM – Sebanyak 2.585 orang calon mahasiswa bersaing masuk Universitas Sembilanbelas Negeri (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara. Selasa (8/5/2028), mereka mengikuti tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Sedangkan kuota mahasiswa yang diterima sebanyak 2.000 orang. Jumlah pendaftar tahun naik lebih dari dua kali lipat disbanding tahun sebelumnya, yang hanya 1.100 orang.

“Jika kampus di Kecamatan Tanggetada sudah dibangun semua, sudah bisa mencapai (menerima-red) lima ribu mahasiswa,” terang Wakil Rektor I USN Kolaka, Prof Ruslin Adanu.

Program studi (prodi) Administrasi Negara menjadi pilihan favorit pendaftar. Peminatnya mencapai 302 orang. Selanjutnya, sistem informasi sebanyak 275 peserta, manajeman dengan 256 orang dan sebanyak 1.752 calon mahasiswa tersebar pada jurusan lainnya.

“Seleksi ada tiga tes kemampuan dasar (TKD). Akademik, sains dan teknologi (sainstek) dan sosial dan hukum (Soshum),” terangnya, yang juga ketua panitia pelaksana SBMPTN setempat.

Ia menambahkan, meningkatnya jumlah pendaftar karena sebelumnya USN giat mensosialisasikan universitas. Yakni, di Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur dan Kabupaten Kolaka Utara. Demikian juga di daerah penyangga, seperti Kabupaten Bombana, Buton Selatan, Buton Tengah dan Kabupaten Buton Barat.

“Calon mahasiswa dari kepulauan itu berkisar ratusan orang yang mengikuti tes seleksi,” tutupnya.

Reporter : Yus
Editor: Cuncun

No Responses

Tinggalkan Balasan