BUTON,DETIKSULTRA.COM – Wakil Ketua MPR RI, H Jazuli Fawaid, mengaku kagum dengan potensi yang dimiliki Buton, termasuk sejarah yang dimiliki Buton itu sendiri.

“Buton bukan bukan hanya memiliki kekayaan aspal alam terbesar di dunia. Namun Buton ini adalah sebuah kerajaan besar yang memiliki latar kerajaan yang sangat tua. Konon Buton merupakan kerajaan yang demokratis. Artinya Buton sejak zaman dulu sudah ada Pilkada,” ujarnya, di Rujab Bupati Buton, Malige Daonawajo, Pasarwajo dalam kunker di Buton, 13 September 2020.

Menurut Wakil Ketua Umum PKB Bidang Pemenangan Pemilu ini, Buton sudah mengajarkan kearifan soal musyawarah.

“Jadi yang terpenting menjadi pemimpin hari ini adalah mengedepankan sikap persatuan dan kesatuan dan mengambil jalan musyawarah ketika mengambil sebuah keputusan. Sehingga inti dari kata pemerintahan bersih yang baik adalah cara pengambilan keputusan itu harus secara bersama-sama,” katanya.

Baca Juga  Plt Kadis Pariwisata Sultra Dianggap Tak Paham Festival Budaya Tua Buton

Jazuli juga mengaku telah mendengar nama Buton sejak duduk di bangku SD.

“Di SD ketika ditanya, pulau penghasil aspal, pasti jawabannya Buton. Ternyata betul di Buton Aspal begitu melimpah,” ujarnya.

Wakil Ketua MPR bersama Bupati Buton, La Bakry saat meninjau lokasi.

Untuk itu, Jazuli meminta kepada Pemerintah untuk memperhatikan aspal Buton. Harusnya salah satu komponen yang digunakan adalah aspal Buton ini dan sekalipus memberdayakan masyarakat di Buton. Apalagi ketersediaan cadangan aspal Buton ini masih berkisar 600 ratus juta ton. Artinya kebutuhan aspal nasional di 1,5 juta pertahun akan terpenuhi.

Dikatakanya, beberapa pontensi kekayaan alam yang dikandung alam Indonesia ini salah satunya adalah Aspal. Namun selama ini tata niaga aspal belum menjadi komponen dalam negeri yang dipakai di setiap pembangunan jalan yang ada di Indonesia. Artinya infrastruktur jalan yang dibangun di Indonesia itu tidak menggunakan aspal Buton. Lebih banyak menggunakan aspal import.

Baca Juga  Ribuan Penari Meriahkan Festival Budaya Tua Buton

“Padahal kita ini untuk menjadi berdaulat tentu harus menguatkan potensi yang kita punya termasuk di Buton ini,” katanya.

Menurut Jazuli, jika Aspal Buton tidak memenuhi syarat yang dibutuhkan, jelas itu mengada-ada dan tidak berpihak pada hasil dalam negeri. Karena saat ini sudah ada teknologi yang bisa membuat aspal Buton, memenuhi persyaratan yang diinginkan.

Sementara itu, Bupati Buton, La Bakry mempromosikan aspal Buton. Politisi Golkar ini berharap agar Aspal Buton dapat dipakai dan dipergunakan untuk mengaspal seluruh ruas jalan di Indonesia.

“Buton memiliki aspal alam terbesar di dunia. Selain murah sehingga dapat menghemat devisa Negara,” papar Bupati Buton.

Wakil Ketua MPR RI bersama rombongan dan Bupati Buton, Wakil Bupati Buton dan Forkopimda menyempatkan diri meninjau tambang aspal Buton di Winning.

Reporter: Lhia
Editor: Via

Beri Tanggapan Anda !

SANGANT MENARIK
0
MENARIK
0
TIDAK MENARIK
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Buton