oleh

Untuk Pertama Kalinya, Muna Barat Gelar STQ

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Menghadapi ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Sultra, Pemerintah Muna Barat akan Menggelar Seleksi Tilawatil Quran (STQ) untuk pertama kalinya di Muna Barat.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan Jumat, 14 Februari hingga 17 Februari mendatang di Desa Guali, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat.

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Abdul Nasir, mengungkapkan, kegiatan pembukaan akan diawali dengan pawai ta’aruf oleh kafilah kecamatan, OPD, serta siswa SMP dan SMA yang berada di wilayah Kecamatan Kusambi.

“Pawai ta’aruf akan dimulai dari Tugu Ayam Desa Lakawoghe hingga Tugu Sapi Desa Guali dengan jarak 1.300 meter,” ungkap Abdul Nasir kepada awak media di ruang kerjanya, Senin (11/2/2019).

Abdul Nasir yang juga Asisten 1 menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk melihat serta menggali potensi masyarakat Muna Barat dalam bidang keagamaan, serta memilih wakil Muna Barat pada MTQ tingkat provinsi yang akan digelar pada bulan Maret mendatang.

“Sepuluh cabang yang akan diperlombakan antara lain tilawah tingkat anak-anak, tilawah tingkat dewasa, hifzil dan tilawah 1 juz putra putri, hifzil dan tilawah 5 juz putra putri, hifzil dan tilawah 10 juz putra putri, hifzil dan tilawah 20 juz putra putri, hifzil dan tilawah 30 juz putra putri, tafsir nahasa arab putra putri, hafalan 100 hadits dan hafalan 500 hadits putra putri,” jelasnya.

Nasir berharap, kegiatan ini mampu melahirkan bibit terbaik serta menumbuhkan kecintaan dalam membaca Alquran. Panitia diharapkan dapat bekerja profesional dan dewan hakim objektif dalam menilai.

“Siapapun yang akan terpilih nanti, kiranya dapat mengharumkan nama baik Kabupaten Muna Barat,” tutupnya.

Reporter : M2
Editor : Rani

Loading...

Komentar

News Update