oleh

Universitas Lakidende Panen Perdana Praktikum Digital Farming Teknologi Greenhouse

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Universitas Lakidende Unaaha melakukan panen perdana di Greenhouse Kampus Unilaki bersama Wakil Rektor I Dr. LA Ode Taalami, M. Hum, Selasa (16/4/2019).

Panen perdana tanaman tomat tersebut merupakan hasil kegiatan praktikum digital farming mahasiswa Unilaki dalam mengimplementasikan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Unilaki yang telah dimulai sejak tanggal 8 Januari 2019.

“Kegiatan panen perdana dimaksud adalah buah kerja sama antara Universitas Lakidende dengan Korea Selatan dan Pemda dalam cakupan Konawe Raya yang terdiri dari Kolaka Timur (Koltim),” ucap La Ode Taalami saat menghadiri panen perdana, Selasa (16/4/2019).

Kemudian, Konawe, Konawe Utara (Konut) dan Konawe Selatan (Konsel) dalam hal ini Universitas Lakidende Unaaha yang MoUnya ditandatangani oleh Prof. Dr. Laode Masihu Kamaluddin, M.Sc., M.Eng dengan Wali Kota Yeongwol Korea Selatan yang diimplementasikan ke dalam kurikulum Universitas Lakidende Unaaha,” jelasnya.

Taalim menambahkan, selain panen tomat, panen perdana juga dilakukan pada tanaman cabe rawit, dimana kedua tanaman itu merupakan dua program unggulan Unilaki yg dimulai sejak semester ganjil tahun akademik 2019.

Sejumlah Dosen Unilaki melakukan penen Tomat. Foto: Istimewa

“Perlu pula dijelaskan disini bahwa untuk mengimplementasikan PIP Unilaki, semua mahasiswa pada semua prodi yang ada wajib melakukan praktikum di Geenhouse, sehingga Unilaki ke depan diharapkan menjadi satu-satunya perguruan tinggi sebagai pusat agroindustri di Indonesia,” ujarnya.

Panen perdana tersebut dihadiri Rektor Universitas Lakidende Prof. Dr. H. Laode Masihu Kamaluddin, M.Sc. M. Eng, diwakili oleh Wakil Rektor I (Dr. La Ode Taalami, M. Hum) didampingi oleh Wakil Rektor III (Masyaili, SE. M.Si), Ketua LPPM (Ir. Rudi Azis, ST. M.Si), Dekan Fakultas Pertanian (Prof. Dr. Ir. Lakarimuna, M.Sc) prodi Teknik Sipil, PWK, Manajemen dan Prodi Pertanian serta sejumlah dosen Unilaki.

Reporter: Musdar
Editor: Rani

Loading...

Komentar

News Update