oleh

UMKM peningkatan SDM dibidang sektor ekonomi

KENDARI , DETIKSULTRA.COM – Festival Bazar Amal bersama Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diselenggarakan oleh Kendari Cooking Club (KCC) pada Hari Jum’at 7 Februari 2020, bertepat di Area Water Sport Marina Kendari.

Berdasarkan data pertumbuhan UMKM di kota kendari tahun 2017 jumlahnya sebanyak 11. 873 di tahun 2018 bertambah menjadi 13.446 kenaikan 14 Persen terjadi di tahun 2019.

“Pertumbuhan tersebut menunjukkan adanya trand positif pembinaan sektor ekonomi sehingga perlu melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap pengelolaan UMKM” Ungkapnya

UMKM sendiri telah diatur dalam payung hukum berdasarkan Undang-undang nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Dalam sambutannya di Water Sport Marina Kendari, Sekertaris Daerah kota Kendari Nahwa Umar menyampaikan, UMKM adalah kelompok usaha memiliki jumlah yang paling besar, maka sudah menjadi keharusan untuk melakukan penguatan kelompok UMKM.

BACA JUGA :

Ia juga mengatakan, salah satu keunggulan UMKM adalah kemudahan dalam mengadopsi inovasi dalam bisnis terutama dalam bidang teknologi, kemudian orang lebih nyaman berbisnis di level tersebut, Tambah Nahwa.

Hal yang sama disampaikan oleh perwakilan Dinas Pariwisata yaitu Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya, Erwin Tahir mengatakan, Hal tersebut tidak terlepas dari pelaku usaha kuliner yang selalu bersaing pada level UMKM.

“Ini akan selalu kita dorong secara bersama bahwa tempat wisata juga pasti membutuhkan pedagang kecil, untuk kelangsungan pengunjung” ujar Erwin

Reporter: M4
Editor: Qs

Komentar

News Update