KENDARI.DETIKSULTRA.COM – Ketua Institut Harkat Negeri (IHN), Sudirman Said menganjurkan agar orientasi pembangunan ke depan mengedepankan membangun jiwa, bukan hanya sekedar membangun fisik.Mengutip nilai-nilai yang diajarkan, jika Pancasila sebagai sumber nilai diamalkan, pasti korupsi tidak meraja lela seperti saat ini.

Hal itu terungkap pada saat Sudirman dalam diskusi daring dengan tema Memikirkan Kembali Orientasi Pembangunan Masa Depan, yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Muhammadiyah, Kendari, Rabu (24/6/2020).

Lebih lanjut Sekjen Palang Merah Indonesia (PMI) ini mengingatkan, lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan berulang kali dalam setiap acara kenegaraan memberi pesan agar yang dibangun dahulu adalah jiwanya, baru membangun badannya.Cetusnya.

Baca Juga  Komunitas Tuyul , Membela Diri Atas Tuduhan Melakukan Skimming

BACA JUGA :

“Iya ini kesempatan baik untuk meninjau ulang seluruh arah pembangunan. Karena covid-19 mengingatkan kita bahwa kemandirian untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar warga negara sangat mendesak untuk dibangun” Tuturnya saat memberikan materi On line.

Selain itu Ridwan said menjelaskan Pangan, energi, barang-barang industri kebutuhan dasar warga negara kita ternyata begitu besar ketergantungannya kepada negara lain. Krisis menghantam kita dengan keras,” terangnya.

Baca Juga  Pemilu 2019, Orang Gila Memilih?

Membangun kemandirian atas kebutuhan dasar warga, sebenarnya peluangnya terbuka lebar. Karena Indonesia memiliki potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang sangat besar.

Pembangunan yang berbasis pada nilai Pancasila pasti akan selalu mentaati hukum, menghormati kemanusiaan, menjaga persatuan, mengedepankan musyawarah, dan beorientasi pada pencapaian keadilan sosial bagi seluruh rakyat. “Itu semua pelaksanaan dari perintah Tuhan, sila pertama Pancasila,”

Diskusi diikuti para akademisi, aktivis sosial, dan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Kendari, Sulawesi Tenggara.

Reporter : Haikal
Editor : Via

Beri Tanggapan Anda !

SANGANT MENARIK
0
MENARIK
0
TIDAK MENARIK
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Opini