oleh

STQ dan Hadist Nabi Tingkat Konsel Digelar Akhir Februari

KONAWE SELATAN, DETIKSULTRA.COM – Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist Nabi (STQH) tingkat Kabupaten Konawe Selatan akan digelar di Andoolo, 22 hingga 28 Februari 2019 mendatang.

Hal itu diungkapkan Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, pekan lalu.

Surunuddin mengatakan kepada seluruh pihak yang ikut berpartisipasi nantinya, agar melakukan persiapan sebaik-baiknya. Bukan hanya sekedar kegiatan seremonial, tetapi benar-benar acara keagamaan berkualitas yang berhasil melahirkan duta syiar agama sesuai harapan bersama, yang nantinya bisa mewakili dan mengharumkan nama Konsel di kancah STQH level berikutnya, di tingkat provinsi maupun nasional.

“Saya minta seluruh persiapannya dimatangkan hingga hari pelaksanaan. Saling bersinergi dengan pihak Kemenag dalam hal ini KUA, dengan menggandeng seluruh pesantren yang ada. Sehingga penyelenggaraannya lebih bermutu dan lebih maksimal,” tegasnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Konsel, Hamlin S Ode menjelaskan, selaku sekretaris panitia penyelenggara, kegiatan ini bertujuan untuk mencari qari-qariah, hafidz-hafidzah, muffasir-mufassirah terbaik yang akan diikutkan pada ajang STQ tingkat provinsi Maret mendatang, juga STQ nasional nantinya.

Adapun jenis lomba yang akan di pertandingkan, ungkap Hamlin, cabang tilawah Alquran golongan anak-anak dan dewasa putra & putri, akan dilaksanakan di Masjid Agung Andoolo. Cabang hifzil Quran golongan 10, 20 dan 30 juz putra-putri, akan dilaksanakan di aula Diknas, cabang tafsir Quran Gol Bahasa Arab putra-putri di aula Kantor Kemenag.

Juga cabang musabaqah hadist nabi golongan hafalan 100 hadist dengan sawad putra-putri dilaksanakan di aula Bappeda dan cabang lasqi skala kecil kategori qasidah rebana tingkat Majelis Taklim Kecamatan, bintang vokalis tingkat anak-anak, remaja dan dewasa putra-putri yang akan dilaksanakan di tribun utama lapangan Andoolo.

“Untuk acara pembukaan, akan diisi dengan pawai ta’ruf kafilah dari 25 kecamatan se-Konsel mulai pukul 13.00 Wita. Kita akan berusaha memaksimalkan kegiatan ini agar berjalan baik, sukses acara dan sukses prestasi,” pungkasnya.

Reporter: M21
Editor: Rani

Loading...

Komentar

News Update