oleh

Songsong Bonus Demografi, BKKBN Sultra Terus Gaungkan Kampung KB

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Demi menyongsong bonus demografi 2020-2030, BKKBN Sultra terus gaungkan Kampung KB. Program Kampung KB yang dicanangkan oleh pemerintah saat ini telah menjangkau seluruh kabupaten/kota di Sultra.
Berdasarkan data dari BKKBN, hingga tahun 2018, tercatat sudah 212 Kampung KB dibentuk di Sultra.
Kampung KB ini dibentuk untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara. Sedangkan secara khusus, Kampung KB ini dibentuk selain untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan.
Setiap tahun, program Kampung KB ini akan dievaluasi, untuk melihat sejauh mana keberhasilan gerakan nasional yang dicanangkan oleh pemerintah demi menyongsong bonus demografi.
Bonus demografi merupakan potensi keuntungan pada pertumbuhan ekonomi, ketika jumlah penduduk usia produktif (15-65 tahun) melebihi jumlah usia penduduk nonproduktif (<15 atau > 65 tahun).
Meski Kampung KB sudah menjangkau semua daerah terpencil dan pelosok, Sekretaris BKKBN Sultra, Jamaludin, menilai, keberhasilan Kampung KB belum maksimal.
Dengan adanya Kampung KB, kepersertaan masyarakat untuk berKB sudah mencapai 62 persenan. Namun belum mampu menekan angka kelahiran di Provinsi Sultra. Persentasenya masih di atas angka kelahiran nasional yakni 2,1 persen.
“Sementara persentase angka kelahiran di Sultra saat ini, masih berada di kisaran 2.8 persen. Untuk itu, dibutuhkan kerja keras agar laju pertumbuhan penduduk bisa ditekan,” ujarnya.
Dia juga berharap, semua pihak terkait selalu termotivasi dengan sungguh-sungguh, dan terlibat dalam upaya menekan tingginya angka kelahiran.
Reporter: Ningsih
Editor: Rani

Komentar

News Update