BOMBANA, DETIKSULTRA.COM-Mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Bombana, Polres, Pemda dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) serta stakeholder terkait menggelar apel siaga karhutla di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Kamis (15/8/2019).

Bupati Bombana, H. Tafdil, mengapresiasi dan menyambut baik terselenggaranya apel siaga karhutla. Ia mengatakan, diadakanya apel siaga ini ialah untuk menyamakan langkah dan menyatukan tekat untuk saling bahu-membahu menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kawasan hutan kita, utamanya bagi perokok agar tidak membuang puntung rokoknya di sembarang tempat, hal ini berlaku bukan hanya di taman Nasional,” ujar H. Tafdil

Baca Juga  Update Covid-19 Sultra: Hari Ini Bombana Tembus 60 Kasus Positif

[artikel number=3 tag=”kebakaran,bombana”]

Lebih lanjut H. Tafdil mengatakan, swasta dan segenap masyarakat harus lebih peduli pada lingkungan dengan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Dalam apel siaga tersebut juga di rangkaikan dengan simulasi karhutla dan kesigapan team dalam penanggulangan karhutla.

Baca Juga  Meski Sering ditertibkan Satpol.PP, Pedagang Tetap Kembali Jualan di Pasar Sore Bombana

Di samping itu Kapolres Bombana AKBP Andi Adnan Syafruddin, mengatakan, tahun 2018 terdapat satu kasus tertangkap tangan oleh petugas BKSDA beserta TNI, Polri kemudian diproses dan inkrah.

“Saya berharap di tahun ini dan di tahun-tahun yang akan datang tidak akan ada lagi pelaku-pelaku yang sengaja ataupun tidak sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan, karena undang-undangnya sangat jelas serta banyak pasal yang dilanggar,” ungkap Andi Adnan.

Reporter: Arif
Editor: Rani

Beri Tanggapan Anda !

SANGANT MENARIK
0
MENARIK
0
TIDAK MENARIK
0

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Bombana