Categories: Politik

Gelar Sosialisasi, KPU Sultra Sasar Majelis Taklim

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – KPU Provinsi Sulawesi Tenggara kembali menggelar sosialisasi tatap muka dengan mengusung tema “Peran perempuan dalam peningkatan partisipasi pemilih pemilu 2019”.

Kegiatan ini diikuti ibu-ibu pengurus Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) yang digelar di Kantor Camat Wua-wua, Kota Kendari.

Menurut komisioner KPU Sultra, Al Munardin, fokus sosialisasi ini terkait pentingnya pemilu dan demokrasi, peran perempuan dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu, hari dan tanggal pemungutan suara, jenis dan warna surat suara, pengenalan peserta pemilu tahun 2019 dan tata cara pindah memilih.

[artikel number=3 tag=”kpu,” ]

Informasi-informasi kepemiluan terkait teknis pemilu penting disebarluaskan kepada masyarakat termasuk segmen pemilih perempuan.

Sebab, segmen perempuan dianggap cukup strategis dalam penyebarluasan informasi kepemiluan yang tentunya akan berdampak pada membaiknya pendidikan politik dan pengetahuan masyarakat terkait pemilu.

Karena kelompok perempuan memiliki pola komunikasi yang intens di lingkungan keluarga dan lingkungan sosial masyarakat sehingga diharapkan informasi kepemiluan dapat tersebar luas dengan cepat di masyarakat.

“Dengan membaiknya kualitas pemilih, tentu akan berdampak pada peningkatan partisipasi pemilih,” ujarnya.

Sementara itu, komisioner KPU Sultra lainnya, Ade Suerani, mengataku cukup kaget dengan pengetahuan ibu-ibu BMKT terkait teknis pemilu 2019. Bahkan sebagian ibu-ibu BKTM tertarik untuk menjadi bagian dari penyelenggara pemilu yakni sebagai KPPS.

“Apa yang kami sosialisasikan hari ini dapat diserap dengan baik, sehingga terjadi interaksi yang efektif. Mungkin karena mereka sebelumnya telah memiliki pemahaman awal terkait pelaksanaan pemilu 2019,” ucapnya.

Ia berharap, kegiatan-kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan dapat berkontribusi pada meningkatnya kualitas pemilu dan demokrasi khususnya di Sultra.

Reporter: Sunarto
Editor: Rani

Komentar