oleh

Peringati HLUN 2020, Minaula Kendari Gelar Seminar Virtual

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) Minaula Kendari, menggelar seminar virtual dengan mengambil tema ‘Komunikasi Empatik Sebagai Kunci Kesehatan Mental Lanjut Usia’ Rabu (3/6/2020).

Dalam seminar virtual ini, LRSLU Minaula Kendari bekerjasama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dan Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kendari.

Dikegiatan tersebut sejumlah narasumber turut dihadirkan, seperti Kepala LRSLU Minaula Kendari, Syamsuddin Ph.D, Andi Tenri Pada Rustam, S.Psi, MA perwakilan dari Unhas, serta Asminarsih Zainal Prio, M.Kep, Sp.Kep.Kom dari perwakilan Poltekkes Kemenkes Kendari.

Kepala LRSLU Minaula Kendari, Syamsuddin mengatakan, kegiatan yang dimaksud ini merupakan rangkaian hajatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2020, yang jatuh tiap tanggal 29 Mei.

“Acara ini diikuti 100 peserta dari Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) di delapan provinsi, wilayah jangkauan Minaula Kendari, serta sejumlah mahasiswa dari Unhas,” ungkapnya, Kamis (4/6/2020).

BACA JUGA :

Lelaki kelahiran Sulawesi Selatan (Sulsel) itu juga menuturkan pesan yang disampaikan oleh Direktur Lansia, Kemensos, Drs. Andi Hanindito, M.Si, yang turut hadir membuka kegiatan seminar itu.

Dikatakannya bahwa LKS dapat lebih eksis dalam memberikan pelayanan kepada Lansia secara komperhensif sesuai dengan kebutuhan mereka.

“Seperti yang dikatakan pak Andi, kedepan LKS juga akan diseragamkan dengan nama Pusat Santunan dalam Keluarga (Pusaka) dan saat ini sedang gencar di sosialisasikan diberbagai tempat,” ungkap dia.

Tak lupa, Syamsuddin juga menyampaikan dalam kesempatan tersebut, LRSLU Minaula Kendari dan Program Studi (Prodi) Psikologi Unhas Makassar melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU).

Menurutnya, MOU ini merupakan wujud sinergitas antara lembaga rehabilitasi sosial dengan perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan sosial lanjut usia. Adapun teknisnya akan dibicarakan lebih lanjut.

“Sebelumnya, kami juga telah melakukan MoU dengan Poltekkes Kemenkes Kendari dan banyak melakukan kolaborasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat di berbagai tempat,” tukasnya.

Untuk diketahui, diakhir acara seminar virtual, LRSLU Minaula Kendari mengumumkan juara Kontes Video yang telah diikuti oleh 94 LKS peserta Progres-LU 2020 di delapan provinsi.

Tampil sebagai juara 1 adalah LKS-LU Melati Waai dari Maluku yang mengangkat kisah kehidupan Lansia penerima Progres- LU yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Disusul LKS-LU Lentera Kasih Merauke sebagai juara 2, dan LKS LU Sinagi Handayani dari Papua Barat sebagai juara 3.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Komentar

News Update