oleh

Peringatan Nuzul Qur’an Dipusatkan di Masjid Al-Mujahidin

KENDARI, DETIKSULTRA.COM- Peringatan malam turunnya Al-quran 1440 Hijriyah di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), dipusatkan di Masjid Al-Mujahidin, Kelurahan Anawai, Wua-wua.

Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kota Kendari, Samsuddin S.Ag, menyatakan kementrian agama RI telah menyurati jajaran kantor kemenag di setiap daerah. Salah satu poinnya, yakni imbauan pelaksanaan Nuzul Quran yang harus digelar serentak.

Makanya dalam waktu dekat, Kepala Kemenag Kota Kendari itu akan segera melakukan koordinasi bersama Wali Kota Kendari.

“Saya akan menghadap dulu ke wali kota. Adapun jika kita mengintip jadwal safari ramadan Pemkot Kendari dan perayaan malam Nuzulul quran 17 ramadan 1440 H, Insyaallah dua agenda itu bisa dilaksanakan secara bersamaan pada Selasa pekan depan,” ujar Samsuddin, Rabu (15/5/2019) di ruang Pola Kantor Wali Kota Kendari.

Lanjutnya, pihaknya telah mengarahkan kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dan camat se-Kota Kendari, agar menyampaikan kepada warganya mengenai pelaksanaan Nuzulul quran yang serentak di ramadan kali ini.

Aktivitas keagamaan semisal menghafal ayat-ayat suci Al-quran, harus konsisten digelorakan disetiap masjid di kota Kendari.

“Semua yang beragama Islam, harus bisa meraih keistimewaan pada malam Nuzulul quran. Amalan yang paling bagus yaitu memperbanyak tadarus quran. Kalau bisa di malam tersebut, kita harus khatam 30 juz al-quran,” tutupnya.

Nuzul Qur’an secara harfiah berarti turunnya Al-qur’an adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan Al-qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia.

Momen Nuzulul qur’an terjadi tepat dimalam 17 Ramadan, yang oleh umat muslim rutin dilaksanakan setiap bulan puasa.

Reporter: Musdar
Editor: Dahlan

Loading...

Komentar

News Update