Categories: Pendidikan

SMA 11 Kendari, Luncurkan Literasi Digital Pertama Se-Sultra

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – SMA 11 Kendari meluncurkan Literasi Digital pertama Di Provinsi Sultra, yang dibuka langsung oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kendari. Jumat (9/1/2020)

Literasi Digital merupakan kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengkomunikasikan informasi dengan kecakapan kognitif dan teknikal.

Diharapkan siswa-siswi dapat mengoptimalkan penggunaan tekhnologi sebagai media pembelajaran.

Kegiatan ini di prakarsai oleh Satriana selaku Ka. Perpustakaan SMA 11 Kendari, bekerja sama dengan pihak Digilite sekaligus sebagai Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMBI) yang setahun terakhir memberikan edukasi tentang digital .

Pada aplikasi literasi digital, semua buku telah diberikan kode batang (barcode) tentang denah, struktur, jadwal pelajaran, pelajaran contoh, nama latin tumbuhan dan pelajaran lainnya.

“Contohnya untuk buku-buku yang ada di perpustakaan semuanya ada kode batangnya, jadi siswa tinggal membuka aplikasi WA dan menscan kode batang (barcode generator) maka bahan bacaan sudah bisa di baca di smarphone,” tutur Satriana yang sekaligus sosialisator GMBI di Sultra.

“Harapannya lliterasi digital pertama se-Sultra ini menbuat siswa semakin rajin membaca, terlebih lagi kecendrungan siswa yang keseringan menggunakan gawai,” ucap La Hanufi (Kasek SMA 11 Kendari).

Reporter : Marwah
Editor: Qs

Komentar