oleh

Pemkot Lakukan Persiapan Idul Adha

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota Kendari, melalui Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Kendari, Nahwa Umar, berharap pelaksanaan shalat idul adha nanti bisa berjalan dengan lancar. Untuk itu, pemkot bersama seluruh stakeholder terkait mulai melakukan rangkaian persiapan.

Nahwa Umar dalam rapat persiapan pelaksanaan Idul Adha meminta Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Kendari melakukan koordinasi terkait hal-hal yang mesti dipersiapkan guna mendukung kelancaran pelaksanaan shalat Ied nanti.

“Imam dan khatibnya harus disiapkan dari sekarang. Termasuk khutbahnya harus serempak. Saya juga himbau masyarakat supaya menjaga ketertiban selama pelaksanaan shalat Idul Adha nantinya,” ujar Nahwa Umar, Rabu (31/7/2019).

Di tempat yang sama, Asisten I Pemkot Kendari Makmur MPd menjelaskan, dalam pelaksanaan shalat idul adha 1440 H kali ini terdapat 104 titik lokasi shalat Ied yang tersebar di setiap kelurahan se-Kota Kendari. Jumlah itu belum termasuk titik shalat yang belum didata oleh PHBI Kota Kendari.

“Kemungkinan bisa bertambah. Kita masih tunggu siapa tahu masih ada pengurus masjid yang ingin mendaftarkan masjidnya sebagai titik shalat idul adha tahun ini,” ucapnya.

Setiap masjid boleh mengadakan takbir pada malam pelaksanaan idul adha. Dalam waktu dekat, sambung Makmur, pihaknya juga akan menyurati kecamatan terkait masjid mana saja yang akan dijadikan masjid terpimpin sebagai pusat takbir di wilayah kecamatan.

“Khutbah seragamnya juga akan kita distribusikan ke setiap titik shalat Ied di Kendari. Saya juga tekankan para lurah untuk mendata berapa jumlah hewan kurban di wilayahnya,” ujar Makmur.

Ketua PHBI Kota Kendari Alamsyah Lotunani mengatakan, Pemkot Kendari tidak mengadakan takbir keliling saat malam pelaksanaan idul adha nanti.

“Demi alasan keamanan, saya mengimbau takbir dilakukan di masjid saja, tidak usah di jalanan,” imbuhnya.

Selain itu, dalam rapat tersebut Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Kendari turut dilibatkan dalam menyiapkan imam yang akan memimpin shalat Ied nantinya.

“Salah satu persiapan dalam shalat Ied itu seperti imam kita betul-betul mencari imam dengan kualitas yang baik untuk itu ada MUI yang akan menyampaikan referensi imam yang baik,” pungkas Alamsyah.

Reporter: Musdar
Editor: Rani

Komentar

News Update