oleh

Pemilihan Presiden Unggul di Partisipasi Pemilih

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Tingkat partisipasi pemilih pada pemilu lalu, dari empat jenis pemilihan, seluruhnya di atas rata-rata nasional, akan tetapi partisipasi pemilih pada pemilihan presiden dan wakil presiden lebih besar dibanding yang lain.

Infografik tingkat partisipasi masyarakat untuk Pilpres tahun 2019 di Provinsi Sultra sebesar 79,33 persen, sedangkan untuk DPR RI 79,19 persen, DPD RI 79,19 persen, DPRD Provinsi 79,12 persen.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir, mengatakan, sampai sejauh ini belum menelusuri penyebab perbedaan partisipasi pemilih pada Pilpres yang cenderung lebih tinggi, akan tetapi menurutnya dari empat jenis pemilihan yang ada, selisih antaranya tipis dan cenderung sama.

“Kita belum telusuri lebih jauh, tetapi kalau kita lihat kondisi itu tidak begitu jauh karena ada yang 79,33 persen, 79,19 persen, 7,12 persen sehingga masih bermain pada posisi yang hampir sama,” ungkapnya kepada detiksultra, Sabtu (1/5/2019).

Natsir juga menilai pencapaian partisipasi pemilih pada pemilu yang baru saja berlalu, selain disebabkan sosialisasi yang dilakukan KPU, media juga ikut berpartisipasi mempublikasikan kepada masyarakat.

Reporter: Musdar
Editor: Rani

Loading...

Komentar

News Update