Pemerintahan

Target Kinerja OPD, Ali Mazi: Perhatikan 4 Poin Ini

PLAY

DETIKSULTRA.COM – Dalam rangka penyusunan rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) dan rencana kerja perangkat daerah tahun 2022, Gubernur Sultra Ali Mazi menginstruksikan para pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memperhatikan empat poin penting sebagai tolak ukur dalam menjalankan pembangunan daerah.

Hal ini diungkapkan Ali Mazi saat memberi sambutan dalam acara Forum Lintas OPD Sultra, di salah satu hotel di Kendari, Kamis (15/4/2021)

Pertama, indikator makro pembangunan, termasuk indikator kinerja pembangunan yang termuat dalam RPMJD harus menjadi perhatian setiap OPD, karena keberhasilan OPD dapat diukur dengan capaian indikator RPMJD. Untuk itu, program dan kegiatan prioritas yang dilaksanakan setiap tahunnya harus mendukung pencapaian tersebut.

Kedua, setiap OPD harus saling bersinergi untuk mencapai target pembangunan daerah, setiap prioritas pembangunan jika dilaksanakan secara integritas antar OPD maka dampaknya akan semakin baik.

Ketiga, anggaran pembangunan sangat terbatas, namun daftar prioritas pembangunan melebihi dari kemampuan keuangan daerah. Untuk itu, tiap OPD agar menyusun prioritas tersebut secara efektif

Keempat, tahun ini sistem informasi pemerintah daerah sudah mulai efektif diterapkan. Pasalnya, pagu anggaran harus didistribusikan kepada para OPD dalam penyusunan RPMJD 2022. Pagu anggaran yang dimaksud mencangkup belanja pegawai, belanja rutin, dan urusan yang lainnya.

Reporter: Betyrudin
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button