oleh

Panduan Lulus 100% SKD CPNS Sultra 2020 dari Detiksultra Institut

-Opini-109 views

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNSD Lingkup Sultra 2020 sudah mulai. Selamat bagi mereka yang lolos seleksi administrasi akan bersaing menjadi abdi negara yang menjadi cita-cita sejak kecil. Lucunya cita citanya tidak pernah berubah.

Tahun 2020 ini oleh BKN nilai ambang batas (passing grade) diturunkan dari nilai 2019 lalu, tetapi sebagai konsekuensi soalnya katanya dipersulit.

Nilai ambang batas adalah nilai minimal yang harus dipenuhi setiap peserta seleksi.

Pada Tes Kepribadian (TKP) nilai ambang batas 126, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) nilai minimal 65, dan Tes Intelegensi (TIU) nilai minimal 80. Masing masing soal punya skor 5 kecuali TKP yang skornya 1-5.

Jika soal TWK 35 soal (13 jawaban harus benar), TIU 30 soal (16 jawaban harus benar), TKP 35 soal (29 jawaban dengan skor 5).

Yang jadi persoalan di soal TKP khusus di tes kepribadian. Biasa dibilang tes kepalsuan karena jawaban yang punya nilai paling baik, meski bertentangan dengan diri sendiri.

Pada tes TKP tidak perlu menghafal rumus fisika dan matematika, apalagi UUD dan sejarah. Tapi siapa sangka tes inilah yang selalu menjadi biang kegagalan.

Padahal semua jawaban dari soal TKP itu semuanya benar, jadi peserta suka sukanya mau pilih yang mana. Jika pembuat soalnya dari kalangan religius berarti semua jawaban yang bersifat religius yang paling benar, kan suka sukanya yang buat soal.

Belum lagi sejak SD kurikulum kita tidak mengenal ilmu kepribadian, contohnya ilmu bekerja sama sebagai sebuah tim yang solid, kan sejak SD dilarang nyontek!

Mungkin harus kita ajarkan filsafat dan logika dasar pada anak-anak kita agar mereka kelak bisa lulus dengan mudah dalam SKD CPNSD tahun mendatang,

Sejak dini ditanamkan pola pemikiran Socrates, Plato, Aristoteles hingga Machiavelli, Nietzsche, Habermas, Lanciere hingga Lacanisme, agar tidak terjebak pada hegemoni.

Detiksultra institut mencoba menyajikan soal TKP pada seleksi penerimaan CPNSD lingkup Sultra ditahun yang akan datang seperti berikut :

“Apakah Siti Badriyah jika berubah menjadi gadis baik-baik, akan berubah menjadi Siti Goodriyah”?

“Jika mayoritas seluruh populasi dunia manusia memiliki satu kaki, lantas siapa yang termasuk kaum difabel, Manusia dua kaki atau satu kaki”?

” Virus yang paling mematikan tahun ini apakah (2019-nCov) atau Rasisme”?

” Menurut buku ‘Sekitar Proklamasi’ yang ditulis Bung Hatta, perumusan teks Proklamasi digelar di rumah Laksamana Maeda pada hari ke-8 bulan Ramadhan, lantas apa menu sahur para pejuang kala itu”?

Selamat menjawab.

Redaksi

Komentar

News Update