KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Menjelang pendaftaran calon kepala daerah (Cakada) di Komisi Pemilihan Umum (KPU), dr Baharuddin, yang kembali maju di Pilkada Muna 2020, belum mendapat rekomendasi partai, selain dari PAN sendiri.

Walaupun demikian, mantan Bupati Muna periode 2010-2015 ini, masih memiliki kesempatan untuk mendapat partai koalisi, sebab diketahui, saat ini partai yang belum menerbitkan rekomendasi khususnya di Muna, yakni Partai Gerindra.

Hanya saja, jika semisal Partai Gerindra memberikan dukungan atau rekomendasi ke Dokter Baharuddin, tentu belum dikatakan aman. Pasalnya Gerindra sendiri di parlemen Muna perolehan kursinya hanya tiga, sementara PAN sendiri hanya satu kursi.

Jika diakumulasikan, dr. Baharuddin hanya memiliki empat kursi. Sementara berdasarkan persyaratan KPU Muna, setiap Cakada syarat minimal yang harus dipenuhi jika maju di Pilkada menggunakan mesin partai politik (Parpol), yakni enam kursi.

Baca Juga  Praktisi Hukum: KPU Harus Ganti Dua Caleg PKS

Dokter Baharuddin bisa saja melanggeng bebas di Pilkada Muna, kecuali ia berhasil berkoalisi dengan Syarifudin Udu yang telah mengantogi rekomendasi Partai Hanura dengan lima kursi di parlemen Muna. Sampai saat ini, Syarifuddin Udu masih berjuang mencari tambahan kursi.

Menurut Ketua Pengembang Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPW PAN Sulawesi Tenggara (Sultra), Sukarman, koalisi antara Dokter Baharuddin dan Syarifuddin Udu bisa saja terjadi, sebab menurut dia, dalam politik tidak ada yang tidak mungkin bahkan politik sendiri sering memberikan kejutan di akhir.

Baca Juga  Ridwan Bae Siap Putihkan Sultra

“Kenapa tidak bisa, sangat bisa, semua peluang dalam politik tidak ada yang tidak mungkin. Makanya kita berikan waktu kepada pak Dokter untuk melakukan komunikasi. Insyah Allah pekan depan sudah ada kabar,” kata dia, Jumat (14/8/2020).

Lebih lanjut, kata dia hingga detik ini PAN masih konsisten mendukung Dokter Baharuddin untuk maju di Pilkada Muna tahun ini, walaupun diakui Dokter Baharuddin masih kesulitan mencari partai koalisi.

“Masih ke Dokter. Kita masih kasih kesempatan. Ya kita optimis pak Dokter pasti mendapat koalisi,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Beri Tanggapan Anda !

SANGANT MENARIK
4
MENARIK
4
TIDAK MENARIK
2

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in:Politik