oleh

Najib Husen : Partisipasi Pemilih Tak Lepas Peran KPU dan Media

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Usai menuntaskan rapat pleno tingkat provinsi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra menyebutkan tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 meningkat menjadi 79 persen dibandingkan pemilu 2014 lalu yang hanya 64 persen.

Berdasarkan infografik tingkat partisipasi masyarakat PPWP tahun 2019 Provinsi Sulawesi Tenggara sebesar 79,33 Persen, sedangkan untuk DPR RI 79,19 persen, DPD RI 79,19 Persen, DPRD Provinsi 79,12 Persen.

Partisipasi Pemilih Sultra tahun 2019 telah melewati batas rata-rata nasional diangka 77,5 persen.

Pengamat politik Sultra, Najib Husen menilai tingginya partisipasi pemilih Sultra tak lepas dari sosialisasi yang telah dilakukan oleh KPU dan peran media.

“Partisipasi pemilih di Sultra mengalami kenaikan itu tidak lain adalah sosialisasi yang dilakukan KPU yang sedemikian struktur dan masif, sehingga masyarakat tau kapan hari pencoblosan kemarin,” katanya.

“Kemudian media juga sangat berperan kemarin untuk mempublikasikan informasi tentang pelaksanaan pemilu utamanya tentang Pelaksanan pemilihan presiden itu informasi sangat banyak,” jelasnya.

Najib juga menyebutkan pemilu Caleg DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPD RI, DPR RI dan Presiden, partisipasi tertinggi ada pada pemilihan presiden.

“Kenapa begitu, karena pada pemilihan presiden ini sangat fokus kita kemarin dibandingkan pemilihan legislatif baik itu tingkat kabupaten, kota, provinsi maupun tingkat pusat, presiden jauh lebih besar sosialisasinya sehingga jangan heran kalau kemudian partisipasinya lebih banyak pada partisipasi pemilihan presiden,” jelasnya

Reporter: Musdar
Editor: Dahlan

Loading...

Komentar

News Update