Muna

Pelabuhan Nusantara Raha Bakal Terapkan Sistem Tiket Elektronik

PLAY

MUNA, DETIKSULTRA.COM– Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Raha segera menerapkan tiket elektronik (e-Ticket) bagi calon penumpang yang akan berangkat dari Pelabuhan Nusantara Raha.

Pemberlakuan ini menysul adanya surat edaran Dirjen Perhubungan Laut tentang penerapan e-Ticketing kapal penumpang di pelabuhan.

Kepala UPP Raha, Abdul Rahman mengutarakan, Pelabuhan Nusantara Raha merupakan salah satu pilot projek unit penyelnggara pelabuhan sistem E-Ticketing.

“Pelabuhan Raha jadi pilot projek dan akan menjadi contoh pelabuhan sistem e-ticketing di Sulawesi Tenggara,” kata Rahman, saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (23/2/21).

Kata mantan Kepala Seksi Kesahbandaran Pelabuhan Murhum itu menjelaskan, Sistem E-Ticketing bukan hanya upaya menata manejemen kepelabuhanan namun lebih kepada upaya peningkatan pelayan bagi masyarakat.

“Sistem ini untuk menciptakan keselamatan dan keamanan pelayaranan termasuk menjamin kenyamanan calon penumpang secara tertib,” jelasnya.

Rahman menyebutkan sistem E-Ticketing prosesnya melalui sistem scaning dan barcode. Agar tidak ada kongkalingkong atau penumpang gelap. Semuanya tertib dan terarah.

“Nantinya tiket calon penumpang harus melalui scaning terlebih dahulu,” sebutnya.

Selain itu, sistem ini dapat mempermudah calon penumpang dalam melakukan keberangkatan.

“Tiketnya dapat dipesan online dan dapat memesan nomor kursi sesuai keinginan calon penumpang,” tambahnya.

Sistem E-Ticketing rencananya akan diterapakan dalam waktu dekat ini.

“Insya Allah sebelum puasa, saat ini masi tahap sosilisasi,” pungkasnya.

Reporter: Abd Rasyid S
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button