oleh

Memasuki Tahun Keenam, Indeks Pembangunan di Konkep Meningkat Pesat

KONKEP, DETIKSULTRA.COM -Ketua DPRD Kabupaten Konawe Kepulauan, Musdar, S.Sos, mengapresiasi kinerja Bupati Konawe Kepulauan yang telah memberikan hasil terbaik bagi daerah ini. Hal itu disampaikan Ketua DPRD Konkep dalam rapat paripurna istimewa dalam rangka memperingati HUT Konkep ke-6, Kamis (11/4/2019),

“Saya sangat berterimakasih kepada Pak Bupati yang telah memberikan contoh yang sangat substansi mengenai pendelegasian wewenang kepada pejabat di bawahnya. Itulah yang saya contoh, sehingga saya memberi kewenangan kepada Pak Jaswan dan Pak Abdul Rahman sebagai kader terbaik yang ada di Wawonii untuk memimpin rapat kali ini,” ujarnya.

Sementara Bupati Konkep, Ir. Amrullah, MT, pada kesempatan itu memaparkan prestasi yang telah diraih Konkep selama enam tahun menjadi daerah otonomi baru.

“Memasuki tahun keenam, di hari jadi Konawe Kepulauan, saya akan menyampaikan beberapa hal terkait kondisi dan dinamika penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah. Daerah kita masih tergolong kategori tertinggal, namun daerah ini cukup mengalami kemajuan yang menggembirakan. Terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dari data yang dikeluarkan BPS, kecepatan pergerakan IPM secara rata-rata mencapai 2,19 persen,” jelasnya.

Kondisi tersebut, kata bupati, memberi dampak positif IPM. Pada tahun 2017 mengalami peningkatan secara signifikan, yang mencapai 63,44 persen melampaui tahun sebelumnya yakni 61,72 persen. Dan menempati urutan ke-14 dari 17 kabupaten/kota di Sultra.

Selain itu, Amrullah mengklaim bahwa Angka Harapan Hidup (AHH) di Konkep cenderung meningkat, dimana pada tahun 2014 hingga tahun 2017, cenderung stagnan.

“Perkembangan AHH di Konawe Kepulauan pada tahun 2016 sebesar 67,87 tahun dan 2017 menjadi 67,88 tahun. Lebih rendah dibanding rata-rata di Sultra yakni 70, 46 tahun, meningkat 0,01 point, sehingga perlu ditingkatkan pada sektor kesehatan. Selain itu, saya mengimbau agar kita menjaga pola hidup yang sehat,” bebernya.

Di era pemerintahan Amrullah-Andi Muh. Lutfi, banyak gebrakan yang diyakini mampu mensejahterakan masyarakat di Kepulauan Wawonii tersebut, salah satunya di sektor pendidikan, dimana angka lama sekolah cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Ini bagian dari program “Wawonii Cerdas” yang merupakan komitmen pemerintah daerah Konkep untuk mencerdaskan daerah tersebut.

Agenda rapat paripurna istimewa dalam rangka memperingati HUT Konkep yang keenam dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Konkep, Jaswan SE, dihadiri oleh Ketua DPRD Konkep, Musdar, S.Sos, Bupati dan Wakil Bupati Konkep, serta pimpinan OPD lingkup Konawe Kepulauan.

Reporter: Muhammad Israjab
Editor: Rani

Komentar

News Update