oleh

Kopi Mente Jenis Baru Temuan Hasil Penelitian Fakultas Pertanian Unsultra

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Fakultas Pertanian Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) Kendari, melalui kegiatan PKM (Program Kemitraan Masyarakat) menemukan kopi jenis baru yaitu Kopi Mente (Komente).
Diungkapkan oleh Dosen Fakultas Pertanian Unsultra, La Panga Mpalasi bahwa Kopi Mente merupakan hasil inovasi perpaduan kopi dengan mente sehingga menghasilkan cita rasa yang khas, gurih dan sangat berbeda dengan kopi pada umumnya.
“Kandungan gizi mente sangat tinggi, ada kalsium, termasuk protein, apa lagi rasanya sangat gurih, sehingga dengan dasar rasa ini kami mencoba membuat inovasi dengan melakukan rekayasa bubuk mente ini dijadikan sebagai minuman” ujarnya, Jumat (31/8/2018) malam.
Dituturkannya bahwa proses pembuatan produk Kopi Mente ini diperoleh dari hasil blender bubuk mente yang mengasilkan bubuk tepung dan krim.
“Saya berhasil memisahkan itu. Krim itulah yang kami coba campur dengan Kopi. Ada tiga contoh sampel hasil uji coba yang kami lakukan berdasarkan takaranya, pertama 50:50 (krim mente 50 dan 50 kopi biasa), takaran 25:75 dan ada yang 100 % mente. Hasilnya yang paling mantap rasanya yaitu perbandingan 50:50 antara krim mente dengan kopi, rasanya pas betul sangat gurih” tutur La Panga yang juga Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Kendari ini.
Menurutnya Kopi Mente memiliki khasiat yang bisa menunda usia tua, karena mente yang kaya protein berfungsi selalu meremajakan sel-sel dalam tubuh. “Jadi sangat baik untuk diminum oleh banyak kalangan” ungkapnya.
Mente yang telah menjadi produk elit Sultra, La Panga,  sangat optimis bahwa produk Kopi Mente ini bisa masuk menjadi produk unggulan yang sangat menjanjikan di Sultra.
“Saya yakin jika Kopi Mente berhasil menjadi produk unggul usaha yang berasal dari Sultra saya katakan sama dengan White Gold (emas putih) sebagai pemicu percepatan pertumbuhan ekonomi Sultra dan bisa menyamai produk kopi-kopi pada umumnya”.
Hasil dari penelitian ini setelah selesai dan dipublikasi rencananya akan diusulkan untuk dipatenkan.
Reporter: Putra
Editor: Fizi

Loading...

Komentar

News Update