Konawe Selatan

Serahkan Lima Unit Ambulance, Bupati Konsel: Ini Bukti Janji Saya

PLAY

KONAWE SELATAN, DETIKSULTRA.COM – Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga, serahkan bantuan lima unit mobil ambulance, masing-masing untuk Puskesmas Tinanggea, Palangga, Sabulakoa, Pamandati dan Ranomeeto Barat, di Halaman Kantor Bupati Konsel, Selasa (22/9/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Surunuddin Dangga menyampaikan bahwa bantuan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Kesehatan (Dinkes) Konsel 2020.

Dikatakannya bantuan ini bagian dari realisasi janji dirinya kepada masyarakat dan para tenaga medis saat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) kesehatan dibeberapa Kecamatan pada awal tahun 2020.

Dimana ketika itu, dalam dialog yang dihadiri Kepala Puskesmas (Kapus), Dokter dan tenaga medis lainnya, Camat, Kepala Desa, Pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel beserta masyarakat meminta kepada Bupati untuk disediakan peralatan medis memadai disetiap Puskesmas, kendaraan roda empat dan roda dua serta speed boat untuk wilayah Kecamatan Laonti. Selanjutnya direspon dan diamini Bupati Surunuddin.

Gayung bersambut, mendekati penghujung Tahun 2020 mantan Ketua DPRD Konsel menepati janjinya dengan mengabulkan permintaan tersebut, yang tujuan akhirnya semata-mata untuk meningkatkan dan mempercepat pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah.

“Alhamdulillah secara bertahap saya realisasikan janji kala itu untuk menyediakan kendaraan operasional. Untuk peralatan medis telah kita distribusikan jauh sebelumnya,” ungkapnya.

Ia berharap dengan diserahkannya kendaraan operasional, peran Puskesmas dan tenaga medis dalam penanganan dan pencegahan penyakit bisa lebih cepat dan lebih maksimal.

“Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak tertanganinya keluhan kesehatan masyarakat, sekaligus berharap dapat lebih meningkatkan standart layanan kesehatan hingga kepelosok Desa sesuai maksud dari tagline Desa Maju Konsel Hebat khususnya terdepan di bidang Kesehatan,” imbuhnya.

Ditambahkannya juga bahwa kebutuhan akan transportasi penting diadakan, mengingat luas wilayah dan jangkauan pelayanan antar Desa, khususnya di Kecamatan Laonti yang hanya bisa dilalui via laut. Sehingga dirinya merespon cepat dengan mengadakan Speed Boat. Yang rencananya bakal diserahkan dalam waktu dekat ini.

Kepala Dinkes, dr Maharayu ditemui saat mendampingi Bupati dalam kegiatan penyerahan menjelaskan bahwa sumber anggaran pengadaan transportasi tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi dan DAK Reguler Tahun 2020 Dinkes Konsel.

Dikatakan Maharayu, seyogyanya penyerahan berjumlah 7 unit, namun 2 unit kendaraan jenis Double Cabin untuk wilayah Kecamatan Laonti dan Promkes nantinya masih sedang dalam karoseri.

“Selain itu kita sudah serahkan 30 unit jenis kendaraan roda dua diberbagai Puskesmas se-Konsel,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, bahwa untuk transportasi laut yang berjumlah 2 Unit untuk Desa Bungin dan Desa Wawosunggu sedang dalam pengerjaan. Dan dipercepat penyelesaiannya sesuai perintah Bupati.

“Semua Ini bukti kepedulian Bupati terhadap peningkatan kualitas dan pelayanan kesehatan di Konsel,” tandasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button