Categories: Kesehatan

Kiwi Kaya Vitamin C Tapi Kurang Diminati Masyarakat Sultra

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Buah kiwi (actinidia deliciosa) merupakan buah yang banyak dijual di pasaran, khususnya pasar buah Kelurahan Bende.

Ciri khas kiwi adalah bentuknya yang agak oval dan warna kulitnya coklat berbulu sehingga tampak eksotik. Di sisi lain, buah ini memiliki kandungan vitamin C yang lebih baik dari buah apel dan jeruk.

Akan tetapi di Sulawesi Tenggara (Sultra), khususnya masyarakat Kota Kendari sendiri, kurang memiliki minat untuk mengkonsumsi buah kiwi.

Hal tersebut pun turut diakui oleh salah seorang pedagang buah di Kelurahan Bende, Aco(24). Dia mengatakan, jenis buah tersebut memang jenis yang paling jarang dicari pembeli yang berkunjung.

“Untuk buah-buahan yang kebanyakan dijual di pasaran ini, salah satunya buah kiwi yang paling jarang diminati oleh pembeli,” jelasnya, Jumat(26/7/2019).

Di samping animo masyarakat masih kurang dalam mengkonsumsi buah kiwi, rupanya harganya juga terbilang mahal dibanding buah apel dan jeruk.

“Untuk buah kiwi itu harganya biasa mencapai Rp 60.000 hingga Rp 70.000/kilogram, sedangkan jeruk kan dia lebih murah, apel juga masih ada yang harga Rp 50.000/kilonya,” ungkapnya.

Menurutnya, buah kiwi ia distribusi langsung dari daerah Sulawesi Selatan (Sulsel). Karena minimnya peminat buah kiwi, kebanyakan para pedagang buah tak memesan bauh kiwi secara rutin.

Reporter: M2
Editor: Rani

Komentar