Categories: Metro Kendari

Waspada! Wilayah Sultra Masih Diguyur Hujan Hingga Akhir Agustus

Share
Dengarkan

Waspada! Wilayah Sultra Masih Diguyur Hujan Hingga Akhir Agustus

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Melihat kondisi beberapa hari terakhir, cuaca di sejumlah wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam kondisi yang berubah-ubah.

Stasiun Meteorologi Maritim Kota Kendari, memprediksi hujan yang berpotensi disertai guntur dan angin kencang masih akan terjadi pada beberapa wilayah di Sultra.

Pada tanggal 25 Agustus 2021, Stasiun Meteorologi Kota Kendari menyebutkan hukan akan terjadi di Kota Kendari, Kolaka Timur, Kolaka, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Buton Utara, Muna dan Muna Barat.

Berikutnya, di tanggal 26 Agustus, hampir di seluruh kabupaten/kota di Sultra, minus Kolaka Timur, Kolaka, Konawe Kepulauan dan Baubau.

Sementara di hari berikutnya, hujan masih akan mengguyur Kota Kendari, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Buton Utara, Muna, Muna Barat, Kolaka Utara, Kolaka Timur, dan Buton Tengah.

Lalu di tanggal 28, 29 dan 30 Agustus 2021, hujan hanya mengguyur beberapa wilayah seperti Kota Kendari, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Konawe, Buton Utara, Bombana, Muna, dan Muna Barat.

“Memasuki akhir bulan Agustus masih terjadi fluktuasi curah hujan di Sultra,” ujar Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie, Rabu (25/8/2021).

Faizal menerangkan, berdasarkan hasil analisa dinamika atmosfer yang terbaru, anomali cuaca ini disebabkan beberapa faktor.

Diantaranya faktor lokal, seperti kelembaban di lapisan bawah atmosfer yang masih cenderung tinggi, labilitas dengan indeks ringan sampai sedang.

Faktor lain yakni, hangatnya suhu permukaan laut di perairan Sultra serta aktifnya gelombang equatorial, seperti MJO DN Type Low menambah kontribusi pertumbuhan awan hujan di Sultra.

“Kami mengimbau warga untuk waspada bebarapa hari kedepan, karena fluktuasi hujan akan terus terjadi,” tandasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Komentar