Categories: Metro Kendari

Waspada, Penyakit DBD Mengancam

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) jangan dipandang sebelah mata.

Pasalnya, terjangkit penyakit DBD bisa menyebabkan kematian bila tak segera tertangani.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, mengimbau masyarakat mewaspadai penyakit berbahaya ini.

Salah satu kunci penanganan penyakit dengan resiko kematian itu, menjaga kebersihan lingkungan, dengan pola menerapkan 3M Plus, menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air,
Mengubur barang bekas.

Plusnya, menghindari gigitan nyamuk, tidur menggunakan kelambu, dan menyalahkan obat nyamuk.

“Salah satu kunci keberhasilan penindakan DBD diawali bagaimana mempraktikkan kebersihan di tiap area lingkungan,” kata Sulkarnain Kadir.

Sulkarnain meminta masyarakat segera melaporkan dan membawa ke rumah sakit bila ada seseorang terindikasi terjangkit DBD.

“Dimohon masyarakat jika ada kecurigaan terkait penyakit DBD, segera melapor dan memeriksa ke rumah sakit. Pentingnya juga agar segera dimonitoring, pengawasan, penanganan dari pihak kesehatan agar tidak munculkan kondisi serius,” katanya.

Wali kota menyampaikan kewaspadaan DBD karena penghujan masih terjadi, sehingga rawan terjadi penampungan air di lingkungan tempat tinggal.

“Terkait fogging terlebih dahulu harus ada laporan yang disampaikan untuk permasalahan kasus DBD di daerah setempat, tetapi itu akan menjadi langkah akhir dan tidak lupa tetap mengutamakan kebersihan lingkungan sekitar,” tutupnya.

Reporter: Via
Editor: J. Saki

Komentar