Categories: Metro Kendari

Tingkatkan Minat Baca Siswa, GPMB Kendadi Gelar Lomba Bercerita dan Menceritakan Gambar

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kota Kendari menggelar lomba bercerita tingkat SMP/MTs dan menceritakan gambar tingkat SD/MI di SMPN 9 Kendari, Jumat (24/6/2022).

Ketua GPMB Kota Kendari Sri Lestari Sulkarnain mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat baca di kalangan peserta didik.

Ia menginginkan peserta didik yang mengikuti lomba tersebut dapat mengolaborasikan pengetahuan dan potensi yang dimiliki peserta. Selain itu, untuk menampilkan cerita yang berkesan di perlombaan tersebut diperlukan keberanian.

“Di kondisi sekarang ini, untuk menyampaikan ide yang bermanfaat, bernilai dan mengandung edukasi itu hal yang sangat penting dan mahal sekarang ini,” ujar Sri Lestari Sulkarnain.

Ia berharap, peserta didik yang mengikuti kegiatan semakin meningkatkan kemampuannya.

Di tempat yang sama, Gerakan Literasi Nasional Kemendikbudristek Eko Budiharsono mengatakan, kegiatan tersebut merupakan ruang positif yang diperlukan untuk berani menyampaikan apa yang ada di pikiran peserta didik.

“Ini merupakan ruang agar siswa berani mengekspresikan diri,” ungkap Eko Budiharso.

Lanjut ia mengatakan, lomba tersebut merupakan bentuk upaya pemerintah dan sekolah untuk membumikan literasi.

Diketahui lomba bercerita tingkat SMP/MTs tersebut diikuti oleh 43 pelajar, sedangkan untuk menceritakan gambar tingkat SD/MI diikuti oleh 11 murid dari masing-masing sekolah. (bds*)

Reporter: Zubair
Editor: J. Saki

Komentar