Categories: Metro Kendari

Tiga Tahun Kepemimpinan AMAN, Tetap Tangguh Membangun Sultra

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar ekspose tiga tahun kepemimpinan Gubernur Sultra, Ali Mazi bersama Wakil Gubernur, Lukman Abunawas, (AMAN) yang dilaksanakan di Aula Bahteramas, Kantor Gubernur Sultra,Senin (6/9/2021).

Sebagai pemerintah yang mewakili masyarakat, Ali Mazi berharap dalam masa kepemimpinannya dapat memberikan respon terhadap penyelenggaraan pemerintahan, kebijakan pembangunan, dan pelayanan publik agar menjadi umpan balik untuk menjadikannya sebagai langkah perbaikan pada tahun berikutnya.

“Pada periode kedua ini saya bersama Bapak Lukman Abunawas, mengusung visi pembangunan daerah terwujudnya Sultra yang maju dan bermartabat. Visi pertama Sultra berbudaya dan beriman, kedua Sultra cerdas, ketiga Sultra sehat, keempat Sultra produktif, dan kelima Sultra peduli kepemimpinan, yang diupayakan dengan konsep strategi pendekatan, gerakan akselerasi pembangunan daratan dan lautan (Garbarata),” katanya saat memberi sambutan.

Lanjutnya, pasangan AMAN telah menetapkan beberapa program unggulan yang terus berjalan dengan baik walaupun berada dalam kondisi pandemi, di antaranya, pembangunan jalan Kendari-Toronipa sepanjang 14,6 kilometer untuk mendukung kawasan tersebut sebagai kawasan wisata terpadu.

Selanjutnya pembangunan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah yang masih berlangsung, hingga perpustakaan modern bertaraf internasional yang sudah mencapai tahap akhir.

Demikian capaian di bidang perekonomian, Ali Mazi menjelaskan bahwa perekonomian Sultra sempat mengalami penurunan yang disebabkan akibat pandemi Covid-19. Di mana pada tahun 2020, perekonomian Sultra mengalami kontraksi sebesar 0,65 persen, angka ini merupakan capaian terendah selama tiga tahun terakhir.

Membandingkan angka perekonomian pada lima tahun sebelum Covid-19, pertumbuhan perekonomian selalu berada di atas rata-rata angka nasional, dengan nilai di atas enam persen per tahun.

“Kendati demikian, ekonomi Sultra pada triwulan dua tahun 2021 telah berangsur pulih, sehingga dapat tumbuh sebesar 4,21 persen, lebih tinggi dibandingkan dengan capaian pada triwulan dua tahun 2020 yang mengalami kontraksi sebesar 2,59 persen,” paparnya.

Kemudian berdasarkan ukuran ketimpangan, Sultra termasuk dalam kategori sedang. Dimana angka kemiskinan turun dari 11,32 persen menjadi 11 persen pada 2018. Namun karena pandemi, persentasenya kembali meningkat 66 persen atau sebesar 318,700 ribu orang pada Maret 2021.

Kondisi ini terjadi karena banyak penduduk yang kehilangan pekerjaan sehingga rentan miskin, dan ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar.

“Indikator-indikator ini memberikan pesan bahwa pandemi sangat memukul pertumbuhan, sehingga perlu dijawab melalui program dan kegiatan yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat. Bagi kami kekurangan dan kelemahan dalam waktu tiga tahun yang lalu, adalah pekerjaan rumah untuk lebih giat dalam membangun daerah dalam waktu dua tahun mendatang,” kata Politisi Nasdem ini.

Reporter: Betyrudin
Editor: Via

Komentar