Categories: Metro Kendari

Sejumlah Akademisi Siap Bantu Ali Mazi Tingkatkan Daya Saing Daerah

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Sejumlah akademisi yang tergabung dalam Dewan Riset Daerah (DRD) Sulawesi Tenggara, menyatakan kesiapannya untuk membantu pemerintahan Ali Mazi tingkatkan daya saing daerah.

Ketua DRD Sultra, Andi Bahrun, mengatakan, persiapan tersebut dilakukan dengan membuat Arah Riset Daerah (ARD) yang mengarah pada peningkatan pembangunan daerah yang berlandaskan riset dari para akademisi.

Pasalnya, melalui riset atau penelitian ini, maka pembangunan yang akan dilakukan dapat lebih terukur, sehingga akan lebih efektif dan efisien, baik dari segi waktu maupun anggaran.

“Kami berharap ARD yang akan kami susun dapat berperan penting melalui perencanaan riset dalam suatu agenda terukur, sehingga dapat meningkatkan akselerasi pembangunan dan daya saing daerah,” katanya.

Olehnya itu, lanjutnya, seyogyanya pemerintah menyediakan dana pelaksanaan risetnya, sehingga target outputnya dapat terukur dan bisa berhasil mulai dari gagasan, pelaksanaan riset, pra komersialisasi, serta implikasi kebijakannya.

“Jadi pendanaan ini terutama akan diarahkan untuk mendorong riset dan pengembangan teknologi yang dapat memberikan sumbangan dan pemikiran baru,” tutupnya.

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Rani

Komentar