Categories: Metro Kendari

Peresmian Tiga Mega Proyek Sultra Direncanakan Kembali di Akhir Masa Jabatan Ali Mazi-Lukman

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Peresmian tiga mega proyek strategis Pemprov Sultra direncanakan pada September 2023 di akhir masa jabatan Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Wagub Sultra, Lukman Abunawas. Tiga mega proyek strategis tersebut diantaranya Rumah Sakit Jantung Oputa Yi Koo, Jalan Kendari-Toronipa, dan Perpustakaan Modern yang sebelumnya direncanakan diresmikan pada April 2023 lalu.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan, belum terlaksananya peresmian mega proyek tersebut disebabkan karena Pemprov masih belum siap dalam menyambut Presiden Joko Widodo.

“Semuanya proyek ini akan diresmikan setelah proses finishing selesai 100 persen. Kendalanya di lapangan masih kita cek kegiatan finishing, harapannya sebelum September nanti,” katanya, Jumat (5/5/2023).

Lebih lanjut, hingga sampai saat ini, gubernur masih berkonsultasi ke Presiden Joko Widodo terkait peresmian tiga mega proyek tersebut agar dipastikan segera diresmikan. Ali Mazi harus memastikan terlebih dahulu semua proyek yang dikerjakan itu sudah seratus persen rampung. Artinya, harus clean and clear.

“Jadi kalau presiden datang itu tidak boleh setengah-setengah, sebelum peresmiannya juga harus kita laporkan dan persentasekan langsung di hadapan presiden, semoga pak presiden berkenan meresmikan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Sekda Sultra, Asrun Lio mengatakan, ketiga proyek tersebut masih dalam tahapan finalisasi untuk merampungkan semua pekerjaan. Gedung Perpustakaan Modern misalnya, saat ini sudah difungsikan, sisa penambahan interior.

Kemudian, Jalan akses Kendari-Toronipa juga telah selesai pengerjaannya secara fisik. Namun dari segi penataan tambahan seperti gerbang dan juga bundaran Toronipa perlu segera dirampungkan.

Jalan Wisata Kendari–Toronipa

“Sedangkan untuk Rumah Sakit Jantung, sementara pemasangan instalasi beberapa alat-alat kesehatan, karena baru tiba. Untuk itu, semua segera akan diselesaikan sebelum peresmiannya,” tutupnya.

Sebagai informasi, pembangunan Kendari-Toronipa menelan anggaran sekitar Rp1 triliun dengan panjang 14 kilometer. Sedangkan Rumah Sakit Jantung Oputa Yi Koo dengan anggaran Rp458 miliar dan Perpustakaan Modern sebesar Rp100 miliar. (bds)

Reporter: Muh Ridwan Kadir
Editor: Wulan

Komentar